Ciri-Ciri Pacaran Alay

Kata “pacaran lebay” berasal dari bahasa Yunani bagian barat sebelah timur, yaitu pacaranos dan lebaynos. Pacaranos artinya orang yang sedan...

Kata “pacaran lebay” berasal dari bahasa Yunani bagian barat sebelah timur, yaitu pacaranos dan lebaynos. Pacaranos artinya orang yang sedang menjalin kasih, dan lebaynos artinya berlebihan. Kata-kata tadi bisa kamu dapatkan di buku ensiklopedi primbon ki slamet. 

Pacaran lebay bisa diartikan dua orang yang sedang menjalin kasih tapi dengan cara berlebihan dan tidak pacaraniawi. Berlebihannya bisa terlihat dari aturannya, gayanya, sampai bentuk penyampaian sayangnya. Biasanya, orang yang menganut pacaran-lebay-nisme ini ke mana-mana penginnya selalu berdua. Apa juga berdua. Ke mall, makan, mungkin ke toilet juga berdua. Nggak cuma itu aja, masih banyak keanehan yang biasanya pasangan lebay ini suka lakuin. Kadang ada yang tukeran password, tukeran nomor, tukeran hape, lama-lama tukeran daleman aja sekalian. Sama tukeran akte lahir deh kalo bisa..

Agak aneh sih ya emang sama pasangan ini. Daripada penasaran, mending langsung liat ciri-cirinya yang lain aja deh yuk. 

Pacar Wajib Lapor
Buat pasangan ini, mereka selalu berpikir mereka harus (paling) diutamakan sama pasangannya, bahkan dibanding orang tua sendiri. Semacam korban kecelakaan gitu ya kalo dipikir-pikir. Hmm, jadi maksudnya apabila salah satu pihak sedang bepergian ke manapun, selalu diwajibkan yang namanya laporan. Mulai dari di mana, tempat, sampai tujuannya buat apa, dan yang terpenting, sama siapa. 

Dan kalo ternyata salah satu pihak lebih milih terlebih dahulu update status di Twitter atau social media daripada ngasih kabar, maka habislah sudah nasib anak itu. 

“NGETWIT AJA BISA, BALES SMS GAK BISA!!!” 

Selalu Kepengin ‘Nempel’
Sebenernya pengin selalu nempel itu wajar buat orang yang lagi pacaran, tapi buat pasangan lebay, ‘nempel’-nya ini suka nggak wajar. Contohnya, kalo udah ketemu rasanya dunia emang milik mereka berdua, dan yang lainnya cuma ngontrak di dunia mereka. Walaupun ada temennya yang ada di deket dia, palingan juga cuma di-greet, “hai” doang, setelah itu paling dicuekin. Kan maunya berduaan terus. 

Dan anehnya pas di jalan lagi naik motor, duduknya itu mepet-mepet banget. Sampe-sampe jok belakang motor-nya masih muat buat tiga orang lagi. 

Punya Panggilan ‘Sayang’
Buat yang punya pacar sih biasanya punya panggilan sayang, entah “Enduuuuuut” kalo pacarnya gendut, “Embeeeeeeeem” kalo pacarnya tembem, mungkin bisa jadi “Etaaaaaaaaaaaaaan” kalo pacarnya setan. Tapi buat tipe pacaran yang lebay, mereka selalu punya panggilan khusus kayak “Mama-Papa-an”, “Ayah-Bunda-an”, sampe ke “Pipi-Mimi-an”. Kalo belum nikah aja dia udah mama-papa-an, kalo udah nikah dia manggilnya apa ya? Datuk-eyang-an? Kalo jomblo sih nggak penting panggilan kayak gitu, yang penting ada yang mau ajalah ya sama dia. 

Ke Mana-Mana Wajib Pakai Baju Couple
Buat masalah ini sih agak bingung juga gitu ya. Pakai baju couple sekali-kali ke suatu tempat sih masih bisa dibilang wajar. Tapi kalo ke mana-mana harus dan wajib pake baju couple udah nggak wajar lagi namanya. Ke kamar mandi, bagi rapot, sampe-sampe lagi BBM-an beda tempat aja disuruh pake baju couple. Itu pacaran apa anak kembar.   

Contoh tuh para jomblo, ke mana-mana nggak usah pake baju couple... karena nggak ada couple-nya juga. 

Harus Majang Nama di Bio
Kalo nggak majang nama di bio, langsung disemprot, “KAMU NGGAK SAYANG YA SAMA AKU? KAMU MALU YA PACARAN SAMA AKU?!” Lebayz (pake “z” biar gaul dan biar tambah lebay). Di Mana-Mana Harus Pasang Foto Sama Pacar

Buat yang tipe pacarannya lebay, jangan sekali-kali deh berani-beraninya nyoba masang foto sendirian. Gak apa-apa sih masang foto sendirian, asalkan di hari itu juga udah siap ngerasain rasanya kelilipan lemari karena disemprot naga marah. Bagi pasangan lebay (di pihak cewek khususnya), dia selalu mempunyai pemikiran  kalau rasa sayang dan bentuk kesetiaan itu harus dibuktikan dengan adanya semua foto dia dan mereka di berbagai ‘sudut’. Mulai dari Instagram, avatar Twitter, DP BBM, Kartu Pemilu, atau jangan-jangan di foto SIM kendaraan juga harus berdua. 

Malah ada cewek yang kalau cowoknya nggak pake foto berdua, dia langsung ngegantiin sendiri, terus pasang foto mereka berdua. Dan seperti biasanya, kalo si cowok berani nyoba tiba-tiba ganti foto jadi foto yang lagi sendirian, siap-siap aja di-“ANAK MANA LAGI YANG LAGI KAMU MODUSIN?!?!”-in cewek. Inilah yang biasa disebut kiamat kecilnya kaum lelaki. 

Mention Wajib di-ReTweet
Selain di dunia nyata, di dunia maya pasangan lebay juga sering punya tingkah yang aneh-aneh. Di antaranya kalau ada salah satu yang mention (entah cowok/cewek duluan), wajib mention-nya dibales secara lengkap dengan emoticon peluk dan emoticon cium tanpa kekurangan sedikitpun. Dan jawaban itu harus dalam bentuk RT-an biar kebaca sama semua orang, soalnya kalo reply cuma kebaca sama beberapa orang doang. Satu emoticon peluk/cium aja berkurang, dampaknya bisa kekurangan asupan SMS selama dua minggu. Waw! Bukan cuma Jakarta aja ya yang keras, percintaan juga.

Gue sih ngerti mereka begitu tujuannya untuk memperlihatkan keserasian mereka, tapi keserasian itu akan terlihat sendirinya apabila kita bisa saling memahami. Enggak yang bisa bikin sakit mata gini. Hmm.. iya, nggak? Kalo kamu tipe pacarannya kayak gimana? Pernah liat ciri pasangan kayak yang di atas, nggak? Silakan share dong di kolom comment

You Might Also Like

1 komentar

  1. thank you this is very helpful. karena dulu mantan gua sedikit alay yg ngebuat diri gua juga jadi alay wkwk. skg gua baru pacaran lagi dan pacar yg gua skg dia ga suka alay kaya kmn mn ga harus ngabarin ga suka statusan bio sedangkan gua masih nge treat kaya ke mantan yg dulu yg emg itu alay bgt. artikel ini sangat membantu gue jadi sadar dan buat pola pikir pacaran gue rubah thanks bro. nah disini gua bingungnya gmn sih romantis yg ga alay dan buat dia seneng ato luluh ma gue. mohon pencerahannya

    BalasHapus

Flickr Images