Tentang LDR

Menurut aku, menulis itu jadi lebih mudah ketika kita menulis apa yang kita rasaakan atau yang kita alami. Selain lebih mudah, bisa sekali...

Menurut aku, menulis itu jadi lebih mudah ketika kita menulis apa yang kita rasaakan atau yang kita alami. Selain lebih mudah, bisa sekalian curhat juga, lebih lega rasanya. Nggak kaya kalau curhat sama temen, cerita panjang-panjang cuma dibalas "yang sabar yaa" trus besoknya ember, ceritanya udah merembes sampe kelas sebelah. Rempong. 

Long distance relationship atau pacaran jarak jauh adalah.....pacaran yang jaraknya jauh. Okesip. 

Banyak orang mengeluhkan ketika lagi LDR, seperti : 
"Kangen"
"Pengen jumpa"
"Pengen nyium"
"Pengen selingkuh"


Dan seperti biasa, segala sesuatu itu ada baik dan buruknya, dan ternyata LDR juga nggak selamanya buruk kok, ada beberapa keuntungan yang bisa kalian dapat ketika LDR, cekidot: 

1. Hubungan akan lebih menarik
Terkadang kita juga merasa bosan dengan rutinitas yang tiap hari ketemu dia-lagi-dia-lagi, Tapi ketika LDR, akan lebih menarik aja gitu. Dan ada sebagian orang yang akan lebih seru ngobrol di chat dari pada ngomong langsung. 

2. Memiliki kebebasan lebih
Eiitss jangan negative thinking dulu, maksudnya tuh bukan kebebasan untuk selingkuh. Aku punya temen yang pacarnya tuh agresif banget, jadi pernah suatu saat kami lagi nongkrong di warnet, trus pacarnya dia nih ngesms aku, "eh, lagi sama Tejo ga?, disms HPnya nggak aktif", tanpa ngasih tau Tejo dulu, aku langsung balas "iya ini lagi di warnet". AND THEN? nggak sampe 10 menit cewenya dateng ke warnet, seriusan. Tapi tipe cewe kaya gini ga bisa LDR sih ya kayanya, pacarnya dikasih rante biar ga lari. Serem.

3. Meningkatkan rasa kepercayaan
Ketika LDR, satu-satunya hal yang bisa kamu lakukan adalah percaya sepenuhnya sama dia, percaya bahwa dia nggak macem-macem di sana. Tapi tau-tau pas dia balik udah punya pacar baru *eh. 

4. Menguji pasangan
Hal ini bisa aja membuktikan, dia yang terbaik nggak buat kamu. LDR jadi semacam tes untuk ke jenjang yang lebih serius, kamu bakalan mikir "yahh ditinggal sebentar aja nggak tahan, gimana nanti kalau udah nikah". ya kira-kira gitu. 

5. Lebih mudah move on
Nggak ada yang menginginkan ini, tapi untuk jaga-jaga aja, kalau kamu LDR, kenangan kamu sama dia jadi nggak banyak-banyak amat, jadi bisa lebih move on nya. ya biarpun nggak mudah-mudah amat sih, tetep nangis di pojokan juga kalo liat dia update status tentang pacar barunya. 


Jadi buat kamu yang lagi LDR jangan sedih, LDR nggak selamanya buruk kok, ya namanya cinta mah jarak bukan halangan. Tapi tetap aja ada kendala-kendala yang bakal terjadi kalo LDR, apa aja? Nih : 

1. Gampang kangen
Jaman sekarang sih udah enak, udah bisa ngirim foto, bahkan video call. Jadi kalo lagi kangen bisa cepat terobati. Tapi tetep aja bakalan kurang karena ga bisa ngeliat senyum langsung yang dulu bikin kamu jatuh cinta sama dia. 

2. Boros pulsa
Telponan tiap malem, belum lagi beli kuota buat chatingan tiap hari. Tapi emang ngga beda jauh sih kalau lagi nggak LDR juga, tetap ada pengeluaran untuk nonton atau makan misalnya. Cinta emang butuh modal. 

3. Nggak bisa ngelus-ngelus *eh
"i love you" yang kamu baca dari pesan bbm dia bakalan kalah dengan "i love you" yang dia bilang sambil ngelus-ngelus pipi kamu. Apalagi ada quote yang bilang "dia bisa nulis 'wkwkwk' tanpa harus ketawa, itu juga artinya dia bisa nulis 'i love you' tanpa cinta sama lo". 

4. Sering berantem
Karena jarak yang jauh, kalian jadi nggak tau apa yang pasangan kalian lakukan disana, dan terkadang jadi curiga. "Kamu lagi ngapain sih? Kok chat aku lama banget dibalasnya" sambil dalam hati ngomong "jangan-jangan selingkuh nih". Dan biasanya berantemnya jadi lama kalau LDR, karena biasanya kata maaf aja nggak cukup buat bikin hati adem lagi. 

5. Rentan selingkuh
Selingkuh sih emang bisa kapan aja, tapi peluangnya lebih besar ketika LDR, alasannya karena lebih bebas. "ah dia lagi jauh juga, nggak bakalan tau". Nggak boleh yaa. 

Nggak afdol rasanya kalau aku nggak sekalian ngasih tips tentang menjalani hubungan LDR, biar lebih awet. Nih : 

1. Jaga komunikasi
Ini yang paling penting dari sebuah hubungan, sebenernya nggak cuma LDR aja, tapi kalau LDR kan jadi susah berkomunikasi karena jarak yang jauh. Sekarang kan udah lebih mudah, ada banyak layanan chating di HP, tinggal pilih mana yang suka. 
Jangan sampai kamu bikin curiga pasanganmu karena nggak ada kabar. Apalagi sampe berhari-hari. Tapi chatingan setiap saat ngga bagus juga, jangan sampe ganggu aktifitas yang lain. Tapi jangan suka hilang-hilangan kaya tuyul juga yaa, ada tuh orang yang udah LDR terus suka hilang entah kemana. bikin kzl.

2. Sepenuhnya percaya
Percaya aja deh sama dia, jangan menebak-nebak yang negatif. kalau emang curiga, kamu bisa tanyain baik-baik, jangan langsung ngambek trus bikin keputusan sesukanya. 

3. Kasih sureprise
Kadang, rutinitas chating yang tiap saat jadi buat kita bosan dan mikir "aduh lagi males nih chatingan, ngga mood, tiap hari gini-gini aja". 
Nah kalian harus bisa buat suasanya nggak terlalu lama dingin, bisa dengan cara nelpon, video call, kirim foto terbaru, atau kalau udah kangen banget bisa susulin.


Ada penelitian yang mengatakan bahwa hubungan yang pernah mengalami itu katanya lebih awet. Ya secara logika emang bener sih ya. Pasangan LDR banyak ngerasain hal-hal yang nggak dirasain mereka yang nggak pernah LDR. Ada tantangannya, nambah pengalaman. Seru deh. Kadang kesel juga sih.

Sekian dari aku. Ciao. 

You Might Also Like

8 komentar

  1. Mau nambahin, banyakin kuota internet buat video call :D

    BalasHapus
  2. Bagi gue saat ini LDR tak jadi masalah karena gak perlu ngisi paket buat video call sama dia karena di rumah gue ada wifi. Mau nelpon berjam-jam pun bisa tanpa harus takut kehabisan kuota. Tapi, kalo gue udah pindah nanti, gue bakal takut untuk LDR. Takut ngabisin paket data T_T
    Sama aja sih jatuhnya. Kalopun gak LDR juga tetep ngabisin uang juga. Jemput dia, traktir makan, ngasih kejutan dan semacamnya. Hohoho

    BalasHapus
  3. LDR ya,,, kebacanya DSLR.. kirain tentang kamera... pas baca kok malah hubungan jarak jauh...
    Yah.. lumayan nambah ilmu lah :) Setuju sam mas fikri... Kouta internet juga sangat diperlukan :)

    BalasHapus

Flickr Images