Yang Harus Kamu Lakukan Saat Ditilang Polisi

Polisi adalah figur penting di sebuah negara. Dan siapa sih yang nggak pernah jumpa sama polisi? Polisi bermacam-macam jenis dan speciesnya....

Polisi adalah figur penting di sebuah negara. Dan siapa sih yang nggak pernah jumpa sama polisi? Polisi bermacam-macam jenis dan speciesnya. Tapi yang sering kita temukan adalah polisi lalu lintas dan polisi tidur, Terutama bagi kita yang berkendara, maka di setiap simpang kita akan berpapasan dengan yang namanya polisi lalu lintas.

Manusia tak luput dari yang namanya kesalahan. Apalagi dalam berkendara, ada aja kesalahan kita yang langsung terlihat oleh polisi. Contohnya nggak pake atribut berkendara yang lengkap, atau nerobos lampu merah, atau berkendara sambil tutup mata. Yang terakhir itu emang sangat jarang.

Nahh, kalo kita udh berbuat salah saat berkendara, pastilah seorang polisi lalu lintas dengan elegantnya meniupkan pluitnya agar kita berhenti. Untuk berjaga-jaga agar kalian nggak gugup saat jumpa polisi, ada baiknya baca artikel berikut ini

1. Jangan Kabur
Kabur bukanlah opsi yang tepat, kabur hanya mempersulit masalah. Gue saranin jangan pernah coba-coba kabur, karena akan menambah pasal. Kita nggak perlu takut sama polisi, toh dia juga bukan makhluk halus. Nggak perlu lari juga, karna ini bukan lomba 17 agustusan.

2. Bales sapaannya
Jika kita tertangkap polisi lalu lintas, si pak polisi bakal nyapa kamu dengan senyumya yang menakutkan "selamat siang pak". Maka yang harus kamu lakukan adalah membalas sapaannya dengan sopan juga "siang juga pak" bisa ditambahi dengan "apa kabarnih.?" Biar suasana nggak terlalu tegang. Tapi, jangan sok asik seperti "eh pagi bro, pakabar nich? Lama nggak jumpa ya, makin buncit aja pak...." dorrrr, pecah deh tu kepala. Jangan seperti itu ya.

3. Jangan ngamuk-ngamuk
Kalo kamu ngerasa  gak pantes buat ditangkep karena kamu ngerasa gak salah yaudah kamu harus yakin sama pendapat kamu. Tapi, jangan jadi emosi terus ngamuk-ngamuk. Karena ngamuk itu tidak menyelesaikan masalah. Jadi kamu harus ngeladenin pak polisi dengan kalem. Anggep aja kamu lagi ditangkep sama polwan, tapi ini bedanya ada kumisnya. 
Jawab aja semua pertanyaan pak polisi dengan sebaik-baiknya. Biar nilai kamu bagus. Kalo salah nilainya nggak minus kok. Kalo nggak di jawab bisa bisa remedial. Trus kamu nggak naik kelas deh (Kok lari kesini sih?)

4. Jangan cari alasan
Buat kamu yang suka ngeles kaya bajaj dan buat kamu yang suka buat alasan, jangan coba-coba buat cari alasan dengan
Polisi. Percuma. Jangan buat alasan kaya gini :
"Pak, saya nggak pake helm karna pala saya kutuan pak"
"Iya tadi saya nerobos lampu merah karna ada kencan pak"
"Itu tadi lampu merah pak? Yaampun saya buta warna pak"
"Saya kira tadi nggak ada polisi pak, makanya saya terobos" dorrr

5. Kasih apa yang dia minta
Biasanya si Pak Polisi juga pengen liat STNK sama SIM kamu. Jadi kamu wajib ngasih liat dia. Kamu gak perlu ngerasa insecure, karena bersama polisi pasti semua secure. Kalo emang kamu pas bikin SIM, kamu nembak, itu gak perlu kamu ceritain. Kamu cukup kasih aja apa yang mereka minta. Inget kasih langsung, gak usah pake permainan ‘kasih-enggak-kasih-enggak’. Tenang, polisi biasanya cuma minta STNK dan SIM. Dia nggak akan minta kamu buat jadi pacar dia.

6. Jangan kasih duit
Yang aneh adalah ketika ditangkep orang-orang suka ngasih polisi duit. Kalo kamu emang ditilang, ya ikutin aja sidangnya nanti. Nah, nanti di sidang baru deh bayar denda tilangnya. Jangan kasih duit langsung ke pak polisi yang nangkep kamu, kan dia bukan kasir. Kecuali kalo pak polisinya buka warung juga di posnya, terus kamu beli makaroni pedes atau lidi-lidian.

7. Berterimakasih

Yang terakhir, namun terpenting. Jangan lupa untuk berterimakasih pada Pak Polisi. Kamu harus bersyukur karena masih ada orang yang mau ngingetin kamu. Jadi kamu gak buat salah lagi nantinya di jalan. 

Terima kasih pak Polisi, semoga amal ibadahnya diterima.. 

Nah, pasti kalian pernah banget diberhentiin polisi, kan? Ayo ngaku, yang naik motor gak pake helm, yang naik motor sambil berdiri, yang naik motor tapi madep belakang? Coba ceritain ah..! Waktu ngadepin Pak Polisi kalian gimana?

You Might Also Like

3 komentar

Flickr Images