Kegiatan Saat Malam Tahun Baru

pergantian tahun dari 2013 ke 2014 tinggal menghitung jam. gimana? udah ada rencana malam tahun baru mau ngapain? mau kemana? sama siapa? at...

pergantian tahun dari 2013 ke 2014 tinggal menghitung jam. gimana? udah ada rencana malam tahun baru mau ngapain? mau kemana? sama siapa? atau cuma tidur? di kamar? sama guling? sabar yaa. masih ada tahun depan. semangaat. tunggu deh, gue kaya juri indonesian idol yang abis nolak kontestan. 

Perayaan malam tahun baru selalu ramai di setiap sudut bumi. emang bumi ada sudutnya ju? pikir aja ndiri. Perayaan malam tahun baru juga pasti dimeriahkan dinegara indonesia tercinta kita ini. pastilah, indonesia mana mau kalah. tapi, perayaan malam tahun baru di indonesia itu terlalu mainstream. cuma menggunakan terompet dan kembang api. sangat membosankan kalau tiap tahun kita mengulangi kegiatan yang sama. kan udah sering gue bilang, gue nggak suka hal yang gitu-gitu aja!! ngerti nggak sih??. hufft. 

beda dengan diluar negri yang perayaan malam tahun baru nya selalu beda tiap tahun.  indonesia terlalu mainstream. di indonesia pasti tiap tahunnya ngelakuin hal-hal ini : 

1. Niup Terompet 

tiga hari sebelum malam tahun baru pasti udah banyak aja tuh pedagang-pedagang terompet di pinggir pantai  jalan. segala macam jenis terompet ada. dengan harga yang berbeda-beda. ya tapi menurut gue ini aneh, kenapa orang mau ngeluarin uang cuma untuk beli terompet? ada yang harganya sampe ratusan ribu. buset. 


Dari Pada Beli, Mending Buat
tau nggak, terompet yang dijual itu sebelumnya udah dicoba sama abang-abang yang jual. dalam rantai ekonomi kan ada yang namanya produsen-distributor-konsumen. nah jadi itu terompet udah kena bibir berapa kali? pertama dari produsen, kedua dari distributor, belum lagi kalo distributornya banyak. dipikir lagi deh ya.

 tapi menurut gue, dari pada niup terompet lebih baik kita niup suling. agar melestarikan budaya indonesia juga. toh dalam faktor suara juga lebih bagus suling. tapi kan suaranya kecil ju? ya ditempelin  di TOA dong, biar gede. 

2. Main Kembang Api 

pedagang kembang api juga banyak di tengah pinggir jalan. mereka memanfaatkan waktu yang spesial ini untuk meraup keuntungan yang besar. kembang api juga macam-macam harganya, sesuai tinggat kemewahan kembang api itu sendiri. ada kembang api yang kalo dimainin bisa bikin nenek-nenek jantungan. 

Main kembang api juga menurut gue kegiatan yang sia-sia dan nggak ada manfaatnya. ya okelah kalau cuma sekali duakali. tapi tahukan kalian, gue pernah liat orang beli kembang api sampe abis jutaan rupiah. itu uang dari pada dipake buat beli kembang api mending disumbangin ke mesjid. ya biarpun itu orang banyak duitnya, kan lebih baik di kasih ke orang yang membutuhkan. 

Dan apa bedanya orang yang main kembang api dengan orang yang liat kembang api? bedanya cuma, yang main rugi, yang liat untung. kan sama-sama liat kembang api? atau apakah ada kesenangan tersendiri bagi orang yang main kembang api? malah bahaya loo. 

3. Nonton Acara Musik 

Disetiap malam tahun baru pasti ada acara musik. hampir di setiap stasiun TV swasta menayangkan acara musik. tapi tahun ini sih kayanya cuma S*TV doang ya? sama Y*S? itu mah acara joget, bukan musik. jadi, acara musik ini juga pasti ada di malam tahun baru di setiap tahunnya. pasti ada, gue jamin deh. 

nah, dari pada kalian melakukan hal yang nggak penting seperti niup-niup terompet atau main kembang api yang nggak ada manfaatnya, lebih baik nonton acara musik aja dirumah. beli cemilan di warung, terus sambil smsan sama gebetan, sekalian baca blog gue deh. deal? okesiip.

4. Bakar-Bakar 

Inilah yang sering gue lakuin di malam tahun baru, bakar-bakar. gue nggak tau ini tradisi dari siapa dan dari mana, tapi bakar-bakar ini asik. apalagi kalau sama keluarga, atau sama temen. kapan lagi kita bisa kumpul sama-sama keluarga atau semua temen kita. apalagi gue yang orang tuanya sibuk kerja. jarang ada waktu senang-senang kaya gitu. 

nggak perlu BBQ-an kaya artis-artis di tv itu kok. atau bakar kambing satu ekor. kan bisa bakar ayam, ikan atau kecoa. terserah. karena maksud dari kegiatan ini adalah kebersamaan dan kesenangan. bukan tentang apa yang di bakar. 

atau bagi yang baru putus bisa bakar rumah mantan. seperti kakak gue yang baru putus sama pacarnya, nih acc twitternya @Azlya1 . tolong yang baca tulisan ini kasih dorongan agar tetap hidup untuk dia, gue takut dia bunuh diri. atau bagi cowo jomblo angkatan SMA bisa coba PDKT sama doi, orangnya cantik kok. 

5. Jalan-Jalan 
Ini Pasti Seru

Bagi yang pinter untuk tidak membeli terompet dan membeli kembang api, yang ngga punya temen buat bakar-bakar dan ngga punya tv buat nonton acara musik. pasti banyak yang malam tahun baruan hanya sekedar jalan-jalan. ya keliling-keliling kota aja, ngeliatin orang main terompet, ngeliatin orang pacaran, ngeliatin orang bakar rumah mantan. 

jalan-jalan tetap terkesan asik apabila ditemani gebetan atau pacar. nah, bagi kalian yang jalan sama gebetan. manfaatin moment itu buat nyatain cinta ke dia. di jam 00:00 tanggal 1 januari 2014, dengan background kembang api dan backsound suara terompet, kalian menyatakan cinta. beh, gue yakin mah pasti bakal diterima. kalau enggak? ya coba lagi tahun depan ya, mungkin anda belum beruntung. masih ada kesempatan kok. 

udah lima tuh, cukup untuk mewakili kegiatan-kegiatan kalian pada malam tahun baru kan? atau bagi kalian yang ingin menambahkan, silahkan. apa kegiatan kalian saat malam tahun baru?

You Might Also Like

12 komentar

  1. teori terompet itu merubah sudutpandang semua orang,,, haha,,,

    kalo ane tahun baruan tetep aja dirumah... nikmatin aja kembang api diluar.. dan enggak sampe bakar rumah tetangga.. #hening.

    BalasHapus
  2. Terimakasih atas sarannya. Hahaa kmfret-_-

    BalasHapus
  3. Kalau gue, berhadapan dengan laptop :D

    BalasHapus
  4. mau anti mainstream, jalan2 malam taun baru naek onta gan, jamin deh top banget wkwkwk

    paling enak bakar2an, nah itu baru suasana ngumpulnya kerasa, asik ngobrol, perut kenyang.. daripada goyang2 nonton musik, capeeee~ kembang api, bakar2 uang~ blehh

    o ya, visit back my blog ya, di rainbowmaniswriting.blogspot.com

    BalasHapus
  5. Selama ini saya juga bingung, apa sih yang mendorong orang utk melakukan, membeli kembang api ? Apakah ada pesan sponsor ? Anak saya yg sering berteman dengan orang Tionghoa, Dalam obrolan keliling kota Bandung, sambil melihat kembang api yang harga nya sampai jutaan, mengatakan bahwa ada keyakinan bahwa kembang api itu adalah simbol/proklamsi buang sial pada tahun yang baru lalu, ....ya...ya... keyakinan...sulit dipahami dengan logika...

    BalasHapus

Flickr Images