Tips Menghadapi UAS

sebagai seorang pelajar, akan ada masanya kita diuji selama seminggu atau lebih dengan soal-soal. namanya UAS. sekarang lagi zamannya UAS g...

sebagai seorang pelajar, akan ada masanya kita diuji selama seminggu atau lebih dengan soal-soal. namanya UAS. sekarang lagi zamannya UAS ganjil. nah, dalam mengerjakan UAS ini, keberhasilan kalian tidak hanya tergantung dari materi yang dikuasai atau hafalan. tapi juga tergantung dari persiapan fisik dan mental kalian. percuma kan kalau kalian pintar tapi sakit waktu ujian? percuma. strategi saat mengerjakan soal juga dibutuhkan di UAS. 

nah, ada beberapa tips menghadapi UAS yang akan gue berikan untuk kalian para pelajar yang akan menghadapi UAS. berikut tipsnya : 

1. Siapkan Peralatan Ujian

jangan kalah sebelum bertempur. mungkin istilah tersebut cocok digunakan. jadi, sebelum kita ujian, kita harus menyiapkan apa-apa saja yang akan kita gunakan ketika ujian nanti. seperti alat tulis, papan ujian, kartu ujian dan kopekan kalau diperlukan #Eh. 

2. Datang Lebih Cepat
kebayang nggak kalau kalian datang terlambat, terus buru-buru masuk ke kelas, sampai kelas udah keringatan, capek, akhirnya? nggak konsen ngerjain soal. terus materi yang udah kalian kuasai juga sebagian besarnya hilang. gatau hilang kenapa. mungkin jatuh waktu kalian lari-lari ke kelas tadi. 

3. Doa, Tenang, Percaya Diri
Doa menurut agama masing-masing. karena apapun kondisinya, Doa sangat diutamakan. kali aja ketika kita lagi buntu atau stuck, trus tiba-tiba dapat ilham dari teman atau dari pengawas. bisa aja kan?. terus kita juga harus tenang dan percaya diri. tujuannya agar konstentrasi. alhasil, materi yang sebelumnya kalian kuasai di rumah akan tetap kalian kuasai. 

4. Baca Perintah Soal Terlebih Dahulu
sumpah ya, gue pernah mengalami kampret moment yang terkait dengan point nomor 4 ini. jadi saat itu lagi ujian harian aja sih, bukan UAS. soalnya 10 dan pilihan berganda semua. and did you know? gue dapat nilai 0 di ujian itu. terus gue lihat di bawah nilai ada Nb: Kamu tidak membaca perintah soal. setelah gue liat perintah soalnya. ternyata dia nyuruh kita jawabnya disilang, dan gue buat dilingkari. 

maka dari itu, untuk kalian. cobalah baca perintah soal dengan teliti. kali aja diperintah soal ada kalimat "kerjakan hanya nomor 10" tapi kok jadi kaya tes psikologi gitu ya. 

5. Seleksi Soal
kerjakan soal yang dianggap mudah terlebih dahulu. jangan berkutat dengan soal yang rumit yang cuma ngebuat kalian mutar-mutar di soal tersebut. matematika sih biasanya. ribet. kerjakan juga soal yang memiliki point yang tinggi terlebih dahulu. karena biarpun kalian nggak bisa ngerjain semuanya, kalian udah ngerjakan soal yang pointnya tinggi. jadi hasilnya nggak buruk. 

6. Baca Kembali
Manusia tidak terlepas dari yang namanya kekelirun. oleh karena itu, kalo ada waktu tersisa nggak ada salahnya kita membaca kembali jawaban-jawaban kita. dari pada cerita-cerita nggak jelas? mending baca-baca atau tidur sekalian biar nggak buat keributan. 

7. Tutup Dengan Doa
Jangan minta tolong tanpa memberi terima kasih. kalau di awal tadi kalian doa untuk minta pertolongan dari Tuhan agar bisa mengerjakan soal-soal dengan mudah. di akhir juga kalian harus berterima kasih padaNya. agar Tuhan mau membantu kita di hari-hari yang lain. 
Contoh kecilnya coba kalian diminta bantuan oleh seseorang, tapi orang tersebut nggak bilang makasih. besok-besok masih mau bantuin tuh orang? males kan? gitu deh ilustrasinya. 

Sekian Tips Menghadapi UAS dari gue. semoga dapat bermanfaat bagi kalian yang akan menghadapi UAS. kalau ada yang ingin ditambahkan atau ditanyakan silahkan ke kolom komentar. gue sangat senang jika ada yang me-respon tulisan gue. terimakasih.

You Might Also Like

1 komentar

Flickr Images