Tipe-Tipe Pencontek Saat UAS

Gue masih nulis seputar UAS nih, belum pada bosan kan? tips uas udah,, tipe-tipe murid udah, tipe-tipe pengawas juga udah. sekarang gue mau ...

Gue masih nulis seputar UAS nih, belum pada bosan kan? tips uas udah,, tipe-tipe murid udah, tipe-tipe pengawas juga udah. sekarang gue mau ngebagiin tipe-tipe pencontek saat UAS. yap, di dalam ujian, tidak asing bagi kita kata-kata mencontek. sebuah aksi ilegal yang dilakukan untuk mendapatkan jawaban dalam cara apapun.

nah, 'pencontek' adalah orang yang melakukan kegiatan mencontek. dimana pun ujiannya dan apapun ujiannya, pencontek pasti ada, dan akan tetap ada. dan sekarang gue bakal ngeshare tentang tipe-tipe pencontek saat ujian. eits jangan salah loo, pencontek juga punya kasta. oke langsung saja, cekidot.

1. Pemberani


ini tipe pencontek yang memiliki optimisme untuk lulus ujian, ogah dengan remedial, dan jam terbangnya udah tinggi banget soal mencontek. biasanya pencontek yang berani ini gampang melakukan aksinya ketika diawasi oleh pengawas yang baik dan nggak killer. yaiyalah, coba aja dia awasi guru killer, bayangin sendiri deh.

bagaimana cara pencontek pemberani ini beraksi? yang pertama bisa dari mengopek dari buku, bayangin aja, dari buku. atau make tablet 10inch. kalau mencontek, dia paling bising. dan ngotot buat minta jawaban. pokoknya salut deh sama keberanian pencontek ini.

2. Pemalu

setelah diawal ada pemberani, selanjutnya ada tipe pencontek yang pemalu. tipe pencontek pemalu ini kaya 'Nyontek Segan Remedial Tak Mau'. biasannya pencontek ini jarang melakukan aksi mencontek, makanya jam terbangnya dalam mencontek masih sangat sedikit, takut ketauan oleh pengawas deh. dan tipe pencontek ini biasanya melakukan aksinya di pelajaran-pelajaran menghitung, karena udah buntu banget. nyontek deh dengan malu-malu.

atau kalau ngopek, dia buat point-point penting dari materi atau rumus-rumus penting di kertas yang kecil dan ditulis dengan kecil juga. ya namanya juga malu-malu. ntar makin lama nyontek, kertasnya makin besar. lama-lama pake papan tulis nih anak ngopek.

3. Seniman

mungkin kalian heran, emang ada tipe pencontek seniman? maksudnya dia nyontek sambil buat patung gitu? atau buat kaligrafi? tenang, bukan kok. gue cuma nggak tau mau buat judul apa di point ini. tapi pencontek ini biasanya make kode-kode gitu untuk mencontek. pernah nggak sih? misalnya kalau dia ngacungin satu jari jawabannya A. kalau dua jari B. gitu seterusnya sampe lima jari jawabannya E. kreatif kan?

ataupun kalau ngopek, tipe pencontek seniman ini make segala sesuatu yang ada di dekatnya sebagai kanvas untuk dia melukis kopekan dia. di tangan misalnya, di meja, di dinding dan sebagainya. pernah nggak ngelakuin ini? di papan ujian noh pernah juga. lebih tepatnya gue yang pernah. seru sih, ada rasa deg-degan gitu takut ketauan guru. ya memacu adrenalin lah.

4. Ragu

sebutan lainnya, pencontek ini bisa dibilang pencontek labil. ini orang yang pengen nyontek, tapi nggak gampang percaya dengan jawaban orang. ngeselin nggak sih? dan biasanya untuk satu soal aja, dia bisa nanya ke minimal lima orang untuk mastiin jawabannya. kurang kerjaan nggak sih? kalau mau nyontek sih harusnya nggak ada keraguan lagi. syukur di kasih tau sama temen, dari pada kosong tuh lembar jawaban?

dan kalau tipe pencontek ini lagi ngopek, dia juga tetep aja ragu. dalam hatinya "keluarin kertasnya nggak yaa? ntar kalau ketahuan gimana? ah nggak usah deh. eh tapi kalo gue remedial gimana? keluarin aja kali ya? ah tapi gue takut ketauan" ya gitu deh pokoknya. labil nih orang.

5. Proffesional

Nggak perlu bahas banyak-banyak deh kayanya untuk Tipe pencontek yang satu ini.jam terbangnya udah tinggi banget. mungkin dia udah dilahirkan untuk menjadi pencontek sejati. segala media dia lakukan untuk mencontek. dimulai dari teman, dari buku, dari hp, dari pengawas juga kalo bisa. nggak tau deh dari mana lagi. 

sekian tipe-tipe pencontek dari gue. ingat ya, tulisan ini hanya fiktif belaka. jika kaliant merasa tersindir karena pernah melakukan salah satu adegan diatas, jangan tuntuk gue ke komnas perlindungan blogger. wassalam.

You Might Also Like

0 komentar

Flickr Images