Tips Mencari Ide Tulisan

Masih dalam rangka Hari Blogger Nasional. tadi gue udah nulis tentang Tips NgeBlog Untuk Pemula  . dan semoga postingan itu mendorong teman-...

Masih dalam rangka Hari Blogger Nasional. tadi gue udah nulis tentang Tips NgeBlog Untuk Pemula . dan semoga postingan itu mendorong teman-teman untuk membuat blog dan mulai rajin untuk ngeblog. untuk teman-teman yang baru ngeblog, pasti ada saatnya ketika kalian bingung mau nulis apa yang akhirnya membawa kalian untuk malas ngeblog.

nah, disini gue akan kasih tips menemukan ide tulisan yang nantinya akan kalian tulis di blog kalian. simak yaa..

1. Lingkungan
Tips menemukan ide tulisan adalah dari yang paling sederhana, yaitu dari lingkungan. lihat sekeliling kalian. jika menemukan hal yang menurut kalian bisa ditulis, langsung catet di memo kecil. contohnya ketika kalian sedang di mall, terus ngelihat hal-hal aneh yang dilakukan anak ABG di mall tersebut. langsung catat di memo atau smartphone kalian. kalian bisa buat judul "hal-hal aneh yang dilakukan ABG di mall".

2. Membaca 
ya, banyak membaca adalah cara yang paling ampun untuk mendatangkan inspirasi menulis. stephen king pernah berkata "Jika anda tidak punya waktu untuk membaca, maka anda tidak akan punya waktu untuk menulis". jadikan otak kita seperti pabrik, bacaan sebagai bahan yang akan kita olah. lalu tulisan kita sebagai barang jadi yang telah diolah. 

baca apa saja, mulai dari yang terkecil yaitu koran atau berita pagi di telivisi. percayalah, dengan banyak membaca, kita tidak akan kehabisan ide untuk bahan tulisan di blog kita. 

3. Mengaitkan Sesuatu 
Tips ini adalah warisan dari orang tua saya, yaitu mengaitkan sesuatu sampai ke akarnya atau ke paling dasar pokok permasalahannya. tips ini akan membantu kita menjabarkan hal yang sempit menjadi seluas-luasnya. dibutuhkan imajinasi yang kuat untuk mengaitkan hal yang satu ke hal yang lain. 

contoh : Kita melihat kipas angin - mengaitkan dengan listrik - lalu mengaitkan kembali dengan PLN - Tiba-tiba sontak teringat sering mati lampu - Tiba-tiba teringat dengan masih banyak orang yang masih belum bisa merasakan manfaat listrik - Lalu masuk kedalam sikap pemerintah setempat dan bisa menyambung kemana-mana lagi 

4. Wawancara 
Tips ini memang yang paling ribet dan membutuhkan waktu dan tenaga yang lebih untuk melakukannya. tapi dengan melakukan wawancara, kita akan lebih puas menerima hasilnya. karena dengan wawancara, kita dapat menemukan hasil yang benar-benar nyata dari orang yang kita tanyai. dimulai dari yang paling kecil saja, wawancarai teman atau guru kalian di sekolah tentang topik yang lagi hangat. korupsi misalnya. nah, dari hasil wawancara itu, kalian bisa memberi opini di blog kalian. saya sih belum nyoba, tapi kepengen banget nyoba. 

5. Orang Terdekat 
ini adalah tips yang biasa saya gunakan. dengan memanfaatkan orang-orang terdekat kita sebagai inspirasi kita. eits, tapi dimanfaatkan dengan catatan yang positif, maksudnya ya dia juga nggak dirugikan. dan hampir semua postingan saya di blog adalah inspirasi dari teman-teman saya, pacar, dll. mudah saja. ketika dengan teman, kita bisa menulis tentang kisah kita sehari-hari dengan mereka. contohnya saya yang menulis tentang band saya dengan mereka. 

dan tulisan-tulisan saya tentang cinta-cintaan biasanya dapat inspirasi dari teman wanita, gebetan, atau pacar. ya chat aja gitu dengan mereka. dengerin mereka curhat. ntar kita pasti dapat ide tulisan. lalu gunakan tips mengaitkan. karena, biasanya ide yang kita dapat dari orang terdekat nggak akan luas. hanya sebatas judul besar. untuk itu harus di jabarkan lagi agar menjadi tulisan yang indah dan enak di baca pengunjung. 

sekian Tips Mencari Ide Tulisan dari saya. semoga bermanfaat. kalau ada yang mau menambahkan, silahkan comment di bawah. terima kasih. 

You Might Also Like

7 komentar

  1. Bisa juga dari media, misalnya saat kita menonton tv atau mendengarkan radio/

    BalasHapus
  2. Kalo gue biasanya dengan membuat pertanyaan sendiri, lalu nanti pasti bakal ada inspirasi/ide yang dateng tiba-tiba di otak pas ngeliat pertanyaan itu. Setelah itu, gue tuangkan deh apa yang ada di pikiran gue. Hehe

    BalasHapus
  3. Ini bermanfaat! Thank's a lot Ju! Semangat untuk buku lo! Hehe

    BalasHapus

Flickr Images