Tips NgeBlog Untuk Pemula

Punya blog itu asyik karena kita bisa nulis sesuatu yang kita pikirkan dan membaginya ke jutaan orang melalui internet. Buat sebagian...



Punya blog itu asyik karena kita bisa nulis sesuatu yang kita pikirkan dan membaginya ke jutaan orang melalui internet. Buat sebagian orang blogging itu hanya sebuah hobi ( gue banget ) dan buat sebagian lagi blogging itu merupakan sebuah pekerjaan bener gak ? Untuk menjadi seorang blogger sebenernya gak susah-susah amat, yang penting punya ide buat bisa dituangkan menjadi sebuah karya tulis. 

Buat kalian yang mungkin baru ingin memulai blogging, kali ini gue punya sedikit tips. Tips ini semuanya dari pengalaman gue aja selama ngeblog . Yang namanya pemula wajar kalau gak begitu ngerti tentang dunia per-blogging-an. Oleh sebab itu kita harus terus belajar dan belajar. gue juga sampe sekarang masih terus belajar biar bisa jadi blogger yang profesional ( cita-cita ).

Dari ngeblog banyak keuntungan yang bisa kita dapet, diantaranya jadi punya banyak temen, menambah pengetahuan dan bisa menghasilkan duit juga. Kita langsung aja ke topik utama, berikut ini gue bakal share tips memulai blogging untuk pemula banget. Inget untuk pemula banget, kalau kalian udah senior silahkan aja di baca-baca siapa tau berguna. 

Sebelum memulai blogging tentu harus punya blog, kalau belum punya ya buat dulu. Banyak platform blog gratis yang bisa kalian pake misal Blogger, Wordpress, Tumblr, TypePad dan masih banyak lagi, silahkan dipilih sesuai selera aja. 

Kalau buat blog usahain namain blognya yang unik, menarik dan gak terlalu panjang. Misal pake nama kalian aja gak masalah atau nama yang ada kaitannya sama topik blog yang bakal kalian buat . Udah buat blog sekarang lanjut ke tips-tipsnya, cek it dot.


1. Tujuan Dan Topik



Tentuin apa tujuan kalian blogging. misal cuma buat fun, hobi, cari duit atau yang lainnya. Ini penting karena biar kedepannya kalian bisa jadi seorang blogger yang jelas dan fokus. Maksudnya kalian gak bakal berubah-rubah haluan dan ngikut-ngikutin orang lain. Kalau cuma ngikutin orang lain gak bakal sukses, karena setiap blogger punya kelebihan sendiri-sendiri.

Tujuan udah jelas sekarang tentuin topik blog kalian. Sebaiknya topik blog sesuai sama hobi atau hal-hal yang kalian sukai. Alasannya sederhana aja karena kalian bakal lebih mudah dapet ide buat nulis postingan. Buat blogger ide menarik itu yang paling susah dicari. Selain itu kalau kalian buat blog yang ada hubungannya sama hal-hal yang disukai, itu bakal bikin kalian ngerasa lebih enjoy dan semangat ngelola blognya jadi bakal gak ada matinya.


2. Menulis Postingan



Udah punya blog dengan tujuan dan topik yang jelas, sekarang saatnya memulai menulis postingan. Sebelum mulai nulis, kalian pasti pengen kelak postingan yang dibuat bakal dibaca banyak orang kan?. Untuk itu kalian perlu cari tau apa yang disukai dan menarik perhatian orang. Cara sederhana aja kalian search di Google, ide menarik yang bakal kalian tulis. Dari situ kalian bakal tau berapa jumlah blog yang udah buat postingan tentang ide tersebut. paham? 

Manfaatin Google Keyword juga buat nyari tau jumlah orang yang mencari dan tingkat persaingan kata kunci. Ini penting karena sebagai pemula kalian gak bakal bisa langsung ngalahin blogger-blogger senior dan nembus halaman depan Google semua butuh waktu gan. Jadi awalai dari yang tingkat persaingannya gak terlalu tinggi.

Buat postingan yang semenarik mungkin, usahain pake gambar kalau buat postingan karena "sebuah gambar lebih bermakna dari pada ribuan kata-kata" , memberi manfaat buat yang baca, bahasanya mudah dimengerti ( tulis sesuai gaya kalian, jangan ikut-ikutan orang ), jangan terlalu mikirin SEO ( gak penting buat pemula banget ), sering-sering update postingan biar blog kalian di indexnya cepet sama Google juga bikin Alexa rank semakin bagus dan menulislah dengan tulus pasti hasilnya bakal maknyus. percaya sama gue. 

Jangan pernah buat postingan yang gak sesuai dengan fakta alias nipu. Dan satu kesalahan seorang pemula biasanya seneng copas postingan orang lain, dengan tujuan biar isi postingan blog jadi banyak. Buat apa isi blog kalian banyak tapi gak menarik dan cuma hasil copas?

Kunci sukses sebuah blog ada pada isi postingannya. Isi yang menarik selain disukai sama pengunjung juga bakal bikin postingan tersebut ada di halaman depan Google. Ini fakta bukan mimpi, silahkan dibuktikan sendiri 


3. Mencari Sesuatu ( Inspirasi )


Nyari sesuatu apaan ni ? gini, maksudnya mencari sesuatu itu kalian sering-sering berkunjung ke blog orang laen istilah kerennya Blogwalking terutama blog-blog yang top, keren dan jumlah pengunjungnya banyak. Tujuannya ya buat mencari sesuatu yang berguna untuk kemajuan blog kalian. Pertama, amati gimana cara yang punya blog itu menyampaikan isi postingannya, terus desain blognya dan hal-hal menarik lainnya, yang kirannya nanti bisa jadi inspirasi dan diterapkan di blog kalian. kalau gue, gue menjadikan pacar sebagai inspirasi gue. 

Beda kalau kalian udah senior gak perlu ngelakuin hal beginian sering-sering, karena orang laen yang bakal blogwalking ke blog kalian. Coba aja kalian cari, jarang ada blogger senior yang blogwalking terus ninggalin koment. pasti jarang banget. 



4. Target ( Rangking & Pengunjung )


Dalam membuat dan melakukan sesuatu tentu kalau punya target tinggi itu bagus banget. Disini sebagai seorang blogger pemula banget, saran gue jangan pasang target yang terlalu tinggi. Misal blog gue harus ada di urutan no 1 Google dan bisa ngalahin blognya si A, si B dll. Ini motivasi yang bagus sebenernya tapi Kalian juga harus sadar dan realistis kalau Kalian sebagai pemula butuh waktu untuk bisa mencapai itu semua.

Gak usah mikirin posisi di pencarian, tetep fokus buat postin yang menarik dan kedepannya bakal di baca banyak orang. Dengan begini tanpa disadari apa yang menjadi harapan Kalian bakal tercapai dengan mudah . Jangan sering-sering ngecek posisi postingan di pencarian, karena kalau posisinya jelek bakal bikin semangat Kalian drop, biarin aja om Google bekerja membawa postingan Kalian ke posisi teratas dengan syarat isi postin Kalian unik dan menarik .

Jangan juga terlalu mikirin jumlah pengunjung ke blog Kalian . Hal yang sangat wajar kalau blog baru jumlah pengunjungnya sedikit. Jadi gak usah dibawa stres kalau blog Kalian sepi, tetep semangat buat sesuatu yang menarik dan yakin sama apa yang Kalian buat. Dengan begitu tanpa Kalian sadari kedepannya pengunjung blog Kalian bakal meningkat dan semakin ramai . Gak ada yang mustahil di dunia perbloggingan .



5. Sosialisasi ( Promosi )



Ini salah satu hal yang paling penting buat ningkatin jumlah pengunjung dan popularitas blog Kalian . Mensosialisasikan blog Kalian melalui media sosial ke temen-temen atau orang-orang yang Kalian kenal . Jangan pernah merasa malu mempromosikan blog Kalian, PD aja sama hasil karya Kalian . Karena ini salah satu cara yang ampuh buat menarik perhatian pengunjung terutama buat blog pemula banget.

Beda kalau Kalian udah senior, gak perlu promosi pasti blog Kalian bakal banyak yang ngunjungin . Karena blog yang udah lama dan bagus udah punya pengunjung setia dan tetap . Juga para blogger senior punya trik masing-masing buat ningkatin jumlah pengunjungnya . Jadi buat pemula banget Kalian harus terus mempromosikan blog baru yang udah dibuat .

Tapi ada metode-metode promosi yang harus Kalian usahain untuk dihindari . Di antaranya submit postin ke sosial bookmark, blog direktori dan artikel direktori. Alasannya karena banyak sosbook, blog direktori, maupun artikel direktori yang kualitasnya buruk . Jangan awali blog baru Kalian den hal-hal yang gak berkualitas . Mending Kalian join di forum buat nyari temen dan secara bertahap Kalian bisa mempromosikan blog Kalian, tapi jangan mengumbar link terutama link hidup dimana-mana .


6. Desain & SEO



Kenapa gue taruh desain dan SEO di bagian belakang? karena yang namamnya pemula kalau udah ngomongin desain sama SEO bakal lupa segalanya. Biasanya blogger pemula seneng banget ngutak-atik desain blognya, bahkan lebih fokus ngurusin desain dari pada buat postin bener gak ? Jadi usahain jangan terlalu mikirin desain blog, karena seiring dengan waktu Kalian bakal bisa bikin tampilan blog yang keren dan profesional .

SEO itu memang salah satu elemen penting biar blog yang Kalian buat bisa ada di halaman depan Google . Dimana-mana semua orang ngomongin SEO buat ningkatin rangking blog di mesin pencari. Tapi Kalian sebagai pemula ada baiknya jan terlalu mikirin yang namanya SEO karena ini bisa bikin Kalian bingung . Jadi setiap mau buat postin Kalian bakal kebayang-bayang yang namanya SEO.

Ini bisa bikin hasil postingan Kalian gak maksimal karena terlalu mikirin SEO, ngerasa serba salah dan terjebak dengan yang namanya SEO. Jujur ampe sekarang gue gak pernah terlalu mikirin SEO kalau buat postingan, yang gue pikirin cuma gimana postin gue biar dibaca dan disukai banyak orang .

Tujuan utama kita nulis postin untuk pengunjung bukan mesin pencari . Si om Google pun nyaranin kita buat ngelakuin hal ini . Untuk urusan SEO buat pemula sebaiknya lakuin hal-hal dasar aja misal memasang meta tag kalau pake Blogger, terus penempatan kata kunci di judul postin dan submit blog Kalian ke Google Webmaster Tool sama tambahin Google Analystic di blog ( tutorialnya cari di Google ) . Seiring waktu Kalian bakal lebih mengerti dan memahami gimana SEO itu .


7. Belajar



Ini tips terakhir buat pemula banget yakni belajar . Kalau kita pengen pinter ya harus belajar bener kan . Jangan pernah takut buat belajar tentang hal-hal yang berkaitan den dunia blogging . Awali buat belajar hal-hal dasar tentang kode HTML, karena kode HTML merupakan elemen dasar sebuah blog terutama di Blogger. Jadi kedepannya Kalian bakal lebih mudah buat ngedit-ngedit blog .

Belajar juga hal-hal dasar tentang SEO lalu secara bertahap Kalian coba praktekan. Karena SEO itu harus dipraktekan buat ngetahui berhasil apa enggak . Gue gak bakal bahas SEO terlalu jauh disini. 
Selain belajar kedua hal di atas Kalian juga harus belajar dari blogger laen . Jangan pernah malu buat bertanya, kalau emang gak enak nanya lewat kotak komentar Kalian bisa email yang punya blog. Semakin banyak Kalian belajar semakin bertambah kemampuan yang Kalian miliki .

sampai disini jika ada yang ingin ditanyakan langsung aja ke e-mail gue : JuankNasution@Gmail.com 
sumber

You Might Also Like

6 komentar

  1. Yg paling penting ngeblog harus bikin enjoy, ga usah terlalu mikiran traffic, SEO, atau apa lah. Kalau udah fun dalam ngeblog, yg tadi-tadi itu akan mengikuti juga.

    Saya juga cuma blogger pemula, tapi rada-rada sok tau. Salam kenal :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener tuhh hehehe.
      salam kenal juga arif. makasih udah mampir.

      Hapus
  2. Makasih tipsnya. Bermanfaat sekali, krn walaupun saya cukup lama ngeblog tp postingan sy masih bisa diitung jari.. hehe. Kalau bisa tambah lagi tipsnya. Rajin ikutan giveaway atau kompetisi ngeblog. Saya mengalami sendiri, sejak ikutan giveaway jd rajin ngeblog. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. masalahnya saya belum ikutan itu hehe, jadi belum tau rasanya :D

      Hapus
  3. bingung ya kak, tapi bikin aku penasaran banget ini jadi blogger menangtang.

    BalasHapus
  4. Tipsnya berguna sekali buat mengasah kemampuan blogging nih... Terimakasih banyak atas informasinya. Salam dari pemula

    BalasHapus

Flickr Images