Tips Menulis Yang Baik

"Bagaimana cara menjadi penulis?" adalah pertanyaan yang sering ditanyakan kepada saya. Saya bisa saja menjawab, "Mau jadi ...


"Bagaimana cara menjadi penulis?" adalah pertanyaan yang sering ditanyakan kepada saya. Saya bisa saja menjawab, "Mau jadi penulis, ya nulis." Kalau saya tidak ingat bagaimana bingungnya saya saat mulai menulis cerita pendek pertama saya, butanya saya ingin mengirim ke mana, atau bahkan saat saya terpuruk ketika mengirimkan beberapa cerpen ke media massa, tapi tidak ada satu pun yang dimuat. Ya, menulis lebih dai sekadar merangkai kata-kata dan menjadi penulis memerlukan lebih dari sekadar memiliki pulpen dan kertas.

So, bagaimana caranya menjadi penulis? Berikut saya berikan tips bedasarkan pengalaman saya menulis.

Start with Passion
Jangan berniat menjadi penulis hanya karena iseng-iseng, kamu tidak akan punya pondasi cukup kuat.  Seorang penulis harus mempunyai passion yang kuat untuk modal dasarnya, karena sebuah karya fiksi yang bagus bukan hanya karena teknik penulisannya, keindahan bahasanya, plot, ataupun setting-nya, melainkan jiwa yang_diberikan penulisnya ke dalamnya. Dan jiwa ini bisa diberikan ketika kamu mencintai apa yang kamu tulis.

Know Your Potential
Kamu suka cerita fantasi seperti Lord of the Ring atau Star Wars? Atau kamu lebih suka cerita romance seperti A Walk to Remember? Cari tahu genre apa yang ingin kamu tulis, hal apa yang kamu sukai, gaya penulisan seperti apa yang cocok, dan apa yang ingin kamu bagi kepada pembaca. Kuncinya satu, banyak membaca. Ya, membaca adalah syarat mutlak untuk menjadi seorang penulis.

Writing Time
Setiap penulis memiliki writing tme-nya masing-masing. Apakah kamu suka menulis di pagi hari saat bangun tidur? Atau kamu lebih suka menulis malam-malam? Itu pilihanmu. Pilihlah waktu yang tepat untuk menulis, yang menurutmu di saat tersebut pikiran kamu fresh, sehingga kamu bisa menulis dengan nyaman dan bisa optimal menumpahkan imajinasi, pikiran, dan perasaan ke dalam tulisan.

Be Yourself
Jadilah dirimu sendiri saat menulis. Tidak perlu ragu atau takut tulisanmu tidak sebagus penulis yang kamu gemari, karena setiap penulis memiliki gayanya sendiri-sendiri. Jujur, saya terkadang masih merasa jauh dari penulis-penulis lain, tapi kalau bukan saya yang paling pertama menghargai karya saya, bagaimana saya bisa mengharapkan orang lain menghargainya?


Making Notes
Sering kali, inspirasi datang di mana saja. Karena itu, selalu siapkan buku kecil untuk mecatat ide-ide yang datang tidak terduga itu. Atau bisa juga notes hp atau di mana saja. Dari ide-ide kecil yang kamu dapatkan itu, bukan tidak mungkin kamu bisa menjadikannya sebuah plot yang menarik.

Let's Write!
Sekarang, jangan tunggu apa-apa lagi. Mulailah menulis!

You Might Also Like

0 komentar

Flickr Images