Tips Menghindari Badmood

"bete, hari ini banyak PR"  "hari ini badmood banget"  "Hari ini males ngapa-ngapain"  kalimat-kalimat di ...

"bete, hari ini banyak PR" 
"hari ini badmood banget" 
"Hari ini males ngapa-ngapain" 

kalimat-kalimat di atas adalah ungkapan seseorang ketika badmood. badmood itu apa ju? badmood adalah keadaan diamana seseorang males ngapa-ngapain. nggak enak badan, pikiran, perasaaan. badmood tidak datang karena dipilih, ngerti? intinya, tidak ada yang tahu kapan kita akan badmood. tapi badmood itu sendiri bisa kita hindari, dengan cara? berikut ini. 

1. Singkiran Pikiran Negatif 
Jangan percaya sama prasangka, terlebih lagi prasangka buruk. prasangka buruk hanya akan membuat anda tidak nyaman dari segi pikiran dan perasaan. itulah asal usul datangnya badmood. contohnya, ketika ada ulangan di sekolah. dari rumah, kita udah memikirkan hal-hal negatif yang akan terjadi di sekolah ketika ulangan nanti. seperti, 'nanti soalnya pasti susah','nanti pasti nggak bisa nyontek','ntar gurunya kejam nggak ya'. pikiran-pikiran seperti itu akan mengganggu perasaan dan pikiran kita. akibatnya, kita nggak konsen mengerjakan soal soalnya. akibat dari akibatnya? remedial. 

2. Mencoba Hal Baru 
ada orang yang gampang bosan, termasuk gue. gue orang yang nggak bisa ngelakuin hal yang sama berulang-ulang. gue selalu ingin mencoba hal yang baru yang belum gue lakuin sebelumnya, apapun itu. ingat, masih dalam label 'hal yang positif''. jadi, kegiatan mencoba hal yang baru ini juga bisa menghindari kita dari badmood. karena kita akan bosan untuk ngelakuin yang sama setiap hari. belajar contohnya. untuk itu diperlukan adanya refreshing. 

3. Mencoba Suasana Baru 
istirahat sejenak dari kegiatan. berdiri di samping jendela, nikmati hangatnya matahari. minum secangkir kopi untuk menambah energi. kadang, badmood juga bisa datang dari tekanan pekerjaan kita. misalnya kita di tuntut untuk mengerjakan 20 soal matematika dalam semalam. untuk itu, jangan terlalu dipaksakan, tenang, kerjakan dengan perlahan. selingi dengan istirahat. namun jangan terlalu lama. 

4. Hindari Orang Yang Lagi 'Depresi' 
seseorang akan harum jika berteman dengan penjual parfum, dan orang yang lain akan bau jika berteman dengan tukang besi. ingat pepatah itu? jadi, orang yang ada bersama kalian akan menentukan bagaimana perasaan dan pikiran kalian saat itu. oleh sebab itu, untuk menghindari perasaan badmood, hindari orang-orang yang kalian kira akan memperburuk perasaan dan pikiran kalian. 

5. Pikirkan Hal Yang Menyenangkan 
ingat, yang menyenangkan bukan berarti yang negatif. pikirkan kejadian-kejadian atau pengalaman-pengalaman lucu kalian. atau, tonton acara TV komedi, 

sekian Tips Menghindari Badmood dari gue. oh iya, mungkin dari kalian banyak yang bertanya "Ju, kok tulisan lo berubah dari yang awalnya komedi, sekarang jadi serius gini?" jawabannya adalah, iya gue juga nggak tau, mungkin malam ini mood gue nulis kaya gini. okee sampai ketemu di post berikutnya. 

You Might Also Like

0 komentar

Flickr Images