Hal Yang Menentukan Keberhasilan Rencana

Pada postingan sebelumnya gue udah bahas tentang cita-cita, yakni apa yang sebenarnya ingin dicapai. Kita hanya bisa memperoleh hasil yan...


Pada postingan sebelumnya gue udah bahas tentang cita-cita, yakni apa yang sebenarnya ingin dicapai. Kita hanya bisa memperoleh hasil yang nyata jika telah mengatuhi dengan persis apa yang ingin kita capai dan memili rencaana yang matang untuk mencapainya. Dalam postingan kali gue akan membahas tentang rencana, yakni langkah-langkah apa yang perlu kita rancang dan lakukan untuk meraih apa yang kita inginkan. Rencana bisa dikatakan sebagai tindak lanjut dari cita-cita yang telah kita buat.

Rencana yang baik kemungkinan besar akan mendatangkan hasil yang baik pula. Tanpa memiliki rencana berarti kita sedang merencanakan untuk gagal. mengapa? karena jika kita tidak mempunyai rencana, kemungkinan kita bisa menggapai apa yang kita inginkan sangat kecil. Rencana mengcakup persiapan untuk mencapai tujuan atau cita-cita. Benjamin Franklin pernah mengatakan. "Jika kita tidak melakukan persiapan, kita siap gagal"

Emang apa aja yang menentukan keberhasilan suatu rencana ju?

1.  Disiplin

Mendengar kata "disiplin", kita sering membayangkan suatu sikap yang kaku dan tidak menyenangkan. kita merasakan bahwa disiplin akan merampas kebebasan kita. Padahal pengertian "Disiplin" sebenarnya tidak seperti itu. disiplin berarti melakukan hal yang seharusnya dilakukan, bukan sekedar hal yang ingin dilakukan.

Disiplin adalah sesuatu yang kita butuhkan untuk membawa kita sampai kepada tujuan. Bila kita tidak memiliki disiplin, kita tidak memiliki apa-apa.

Jika kita menginginkan keberhasilan rencana dan tercapainya cita-cita, maka sikap disiplin tidak bisa ditawar-tawar lagi. misal, jika kita tidak disiplin dalam menggunakan waktu, maka kita akan memboroskan banyak waktu.  Nah, kapan lagi rencana kita bisa terwujud? padahal, mestinya setiap rencana perlu ada tenggat waktu pelaksanaan dan penyelesaiannya. Jika tidak, kita akan membuang terlalu banyak waktu tanpa mencapai hasil apa-apa. itulah sebabnya kita harus memiliki disiplin dalam melaksanakan rencana kita.

2. Sikap Positif

Sikap positif sangat menolong kita dalam mewujudkan rencana. banyak orang mengalami kegagalan mewujudkan rencananya karena kurang mampu bersikap positif. Sikap positif menoolong kita mengatasi berbagai situasi sulit.

Kita perlu bersikap positif terutama ketika rencana kita tidak berjalan sesuai dengan harapan kita. Janganlah mudah patah arang. Cobalah laksanakan rencana dengan pendekatan lain yang kreatif. Jika ktita terus-menerus mencoba, maka suatu saat kita akan menemukan jalan yang benar untuk menuju keberhasilan.

3. Langkah-Langkah Yang Jelas

Rencana apa pun memerlukan langkah demi langkah untuk melaksanakannya. Langkah-langkah yang dibuat harus jelas. Rencana yang sebaik apa pun tidak disertai langkah-langkah yang jelas, akan sulit dilaksanakan dengan baik.

Didalam menyusun suatu rencana, tetapkanlah secara jelas langkah-langkah apa saja yang perlu kita lakukan. Langkah demi langkah itu merupakan taktik dalam melaksanakan rencana. Dengan melakukan langkah-langkah yang tepat, niscaya kita akan berhasil melaksanakan rencana kita.

4. Tanggung Jawab

Dalam melaksanakan rencana, kita perlu memiliki tanggung jawab atas segala hal yang terjadi. Janganlah mencoba menyalahkan orang lain jika kita mengalami kegagalan. Terima kegagalan dengan sikap yang bertanggung jawab.

Disampin semua poin di atas, rencana yang baik masih perlu dijalankan dengan penuh semangat, mental yang kuat, dan dukungan dari para sahabat. tentang semangat, mental dan sahabat akan gue tulis di postingan berikutnya.

5. Kekompakan

Jika kita bekerja secara tim, kekompakan merupakan syarat mutlak keberhasilan tim kita mewujudkan rencana. Hanya dengan kekompakanlah, tim kita bisa mencapai hasil yang maksimal. Karena itu, usahakanlah agar kita selalu menjaga kekompakan dalam tim kita. Cara yang paling ampun adalah setiap anggota tim harus rela melepaskan egonya demi terwujudnya rencana tim. Masing-Masing anggota harus saling mendukung, bukan malah bersaing. kekompakan akan memberikan banyak sekali keuntungan pada tim kita.  

Sekarang kalian nih, apa rencana kalian dalam waktu dekat? 

You Might Also Like

4 komentar

Flickr Images