Tempat Wisata Di Aceh

hai hai haii. sudah sekitar dua atau tiga minggu gue nggak nulis di blog. ada beberapa faktor yang diantaranya liburan, laptop rusak, banyak...

hai hai haii. sudah sekitar dua atau tiga minggu gue nggak nulis di blog. ada beberapa faktor yang diantaranya liburan, laptop rusak, banyak hapalan, dan nggak ada ide. rencananya, bulan februari ini akan gue penuhin dengan postingan tentang valentine. jadi tunggu aja yaa. tapi kali ini kita bukan menceritakan tentang hari kasih sayang tersebut.

Di postingan ini gue akan bahas tentang Aceh. tanggal 29 januari yang lalu impian yang pernah gue buat di awal 2014 kemarin berhasil terwujud. yaitu liburan ke aceh. dan postingan kali ini tentang tempat-tempat yang keren di aceh. sebelum itu, gue mau review sedikit tentang Provinsi Aceh kepada kalian.

Emang siapa sih yang nggak kenal Aceh? Provinsi paling barat di indonesia. yang menyita perhatian dunia pada tahun 2004 karena bencana tsunami yang sangat dahsyat. hanya berselang 9 tahun, Aceh sudah bisa mengembalikan segala sesuatunya seperti semula. bahkan lebih bagus. gue salut. pada dasarnya, Aceh nggak beda jauh dengan Medan. tempat tinggal gue. nggak ada perbedaan yang terlalu mencolok antara Aceh dan Medan. mungkin hanya perbedaan bahasa atau cuaca. karena di Aceh lebih panas.

Okedeh. langsung aja kita bahas tempat-tempat yang harus kalian kunjungi kalau suatu saat pergi ke Aceh. cekidot.

1. Pelabuhan Ulee Lheue

Ulee Lheue dari atas
Pelabuhan Ulee Lheue adalah pelabuhan untuk menuju sabang. Terdapat dua jenis kapal yang akan mengantarkan kita ke sabang. yang cepat atau yang lambat. dari pengalaman gue, yang lambat itu memakan waktu sekitar dua jam. gatau kalau yang expres. belum nyoba. 

2. Pulau Weh Sabang
Sabang
Nah setelah dari pelabuhan, kita menuju sabang. Sabang adalah salah satu pulau indah yang terdapat di provinsi Aceh. pulau ini juga menjadi salah satu tujuan para tourist jika datang ke indonesia. nggak banyak pengalaman yang gue dapat di sabang, karena hanya satu hari satu malam berada disana. disana hanya menyelam, berenang dan menikmati keindahan yang diciptakan Allah Swt. 

3. Mesjid Raya Baiturrahman 
Dari Atas
  

Mesjid ini adalah mesjid yang populer di indonesia. Mesjid yang sudah berdiri 140-an tahun ini mempunyai banyak kisah di masa penjajahan belanda dulu. mesjid ini juga ramai dibicarakan pada tsunami aceh 2004 dimana kala itu mesjid ini menjadi bangunan yang satu-satunya tidak hancur oleh tsunami. nggak sah rasanya datang ke aceh kalau nggak ke mesjid ini. 







Embedded image permalink
Ayoo tebak ini siapa? ini gue lah.


4. Museum Tsunami Aceh

Keren yaa?
Tempat wisata yang ketiga ini adalah museum Tsunami yang didirikan tahun 2009 dengan luasnya 2.500 m². Museum yang satu ini saat ini telah banyak mendatangkan para wisatawan baik dari negerinya sendiri bahkan para turis negara asing. Museum ini didirikan untuk mengenang kejadian Tsunami 2004 silam. konon katanya, terdapat 57 negara yang membantu menyumbang untuk mendirikan museum ini. 

5. Kapal PLTD apung

Subhanallah 

Tempat rekreasi selanjutnya adalah mujizat dari sebuah bencana Tsunami 2004. kapal PLTD apung yang beratnya beribu-ribu ton ini terdampar sejauh 50KM dari pelabuhan asalnya. itu keren banget. tempat ini sudah resmi dijadikan tempat wisata dengan bantuan pemerintah dan para wisatawan. keadaan kapal di dalam tidak begitu buruk. hanya saja kita nggak bisa masuk ke dalam kapal, cuma di luar kapal. terus yang menarik, di atas kapal itu ada teropong yang masih berfungsi dan kita bisa melihat keseluruhan aceh dari situ. keren deh.

6. Kapal Boat Diatas Rumah
 
Kok bisa ya?
Tempat wisata selanjutnya masih mengenai mukjizat dari kejadian tsunami 2004. dimana terdapat kapal boat yang terdampar di salah satu rumah di aceh. disini, kita akan mendapatkan sejarah kenapa kapal itu bisa nyangkut disitu. kalian searching di google aja kalau penasaran gimana sejarahnya. gue pastiin, kalian bakal terkejut. 

Yakk, itu tadi tempat-tempat wisata yang gue kunjungi ketika di Aceh. sebenarnya masih banyak lagi tempat-tempat wisata yang keren di aceh, tetapi gue nggak sempat buat ngunjungi semuanya. dari gue, pokoknya Banda Aceh itu kota yang keren, aman, bersih. untuk kalian yang nantinya akan pergi ke aceh, jangan lupa buat ngunjungi tempat-tempat tersebut. atau kalian bakal nyesal.

You Might Also Like

0 komentar

Flickr Images