Jadikan Ide Sebagai Sahabat Terbaik

Ekhem, berbicara tentang 'Ide' akan selalu menarik karena selain sangat bermanfaat, juga sangat mengasyikkan. Semua penemuan yang ...

Ekhem, berbicara tentang 'Ide' akan selalu menarik karena selain sangat bermanfaat, juga sangat mengasyikkan. Semua penemuan yang kita pakai saat berawal dari ide. kita bisa terbang dengan pesawat, saya menulis postingan ini dan kalian membacanya. semua berasal dari ide. bayangkan saja, kata yang hanya terdiri dari tiga huruf ini bisa berdampang sangat besar bagi kehidupan kita.

Ide bisa membuat kita menjadi kaya, terkenal, sukses dan apapun yang kita inginkan. Idelah yang membuat kita mencapai apa yang kita inginkan. jadi, ide berperan sangat penting dalam menentukan kesuksesan anda. semakin kita memiliki banyak ide baru, semakin besarlah peluang kita untuk maju. 

Meski ide merupakan hal yang sangat luar biasa, tapi ide merupakan hal yang gratis. Artinya, setiap orang sebenarnya bisa menghasilkan ide sebanyak-banyaknya sesuai dengan keinginannya. yang perlu di ingat, ide-ide baru tidak datang dengan sendirinya. diperlukan usaha untuk mendapatkan ide-ide baru. caranya? berfikir kreatif. 

Kalo ide itu gratis? kok gue sering ngga ada ide ya ju? 

Dan Meski Ide itu bisa kita dapatkan secara gratis, tapi kenyataannya masih banyak dari kita yang tidak memiliki ide-ide baru. kita sangat jarang memiliki ide-ide bari yang berkualitas baik. Mengapa kita sering gagal mendapatkan ide-ide cemerlang justru di saat kita sangat membutuhkannya? Hal ini karena ide-ide baru yang berkualitas bagus memang tidak datang begitu saja. seperti yang gue bilang diatas. diperlukan usaha. 

Salah satu faktor yang menyebabkan kita susah mendapatkan ide baru adalah 'Terjebak Pada Cara Berfikir Yang Biasa-Biasa Saja'. untuk itu diperlukan perubahan. 

sebagai manusia, wajar jika kebanyakan orang kurang menginginkan perubahan. perubahan sering dirasakan sebagai suatu ancaman ketimbang kesempatan untuk membuat kemajuan. dengan kata lain, perubahan itu menakutkan. maksudnya gini, akan ada sesuatu yang diganti ketika kita melakukan perubahan. disitu masalahnya, apakah 'sesuatu' yang diganti itu akan menjadi lebih baik, atau lebih buruk. karena itu, orang cenderung mengandalkan pola pikir yang udah terbentuk dan menjadikan itu sebagai kebiasaan. hasilnya? ya monoton. gitu gitu aja. membosankan. 

Faktor lain yang sering kita temui ketika gagal mendapatkan ide-ide baru adalah 'Ketakutan'

Untuk menciptakan ide baru, kita harus mengambil tindakan baru yang berbeda dari kebiasaan. nah, hal ini membuat kita takut jika tindakan yang kita ambil kemungkinannya akan gagal. entah kenapa, sebagian besar dari kita manusia udah dirancang untuk sangat takut mengambil pilihan jika ada opsi gagal dalam pilihan tersebut, biarpun hanya ada beberapa persen kemungkinan gagal. kita ambil contoh yang dekat aja. untuk para cowok, termasuk gue. sangat takut untuk menyatakan cinta kepada lawan jenis, benar? kenapa takut? ya karena ada opsi 'ditolak' selain 'diterima'. dan itu gue rasa terbukti. banyak orang yang ketika dihadapkan oleh pertanyaan "kenapa lo ngga nembak dia?" dan jawabannya "Takut Ditolak". basi ah. 

Terus gimana cara dapetin ide ju? 

Banyak orang masih berfikir bahwa menghasilkan ide-ide baru itu sesuatu yang sangat sulit dilakukan. Pikiran seperti itu membuat mereka jarang bisa mengakui keaslian ide-ide orang lain. seperti halnya cerita wright bersaudara yang dulunya dianggap gila karena ingin terbang. kalau gue hidup di masa itu, gue akan sependapat dengan orang yang mengatakan wright bersaudara itu gila. 

Langsung saja, cara yang sangat mudah untuk mendapatkan ide adalah 'Melihat, Mengamati, Memahami, Menyimak'. semua kegiatan itu bisa kita lakukan setiap saat dan setiap waktu. ya kecuali lagi tidur. Akan lebih mengerti jika kita lihat contoh. Gue ambil contoh seorang fisikawan terkenal, Sir Isaac Newton penemu gaya grafitasi. sudah terbayang sesuatu? yak, bagaimana dia bisa mendapatkan ide tentang gaya grafitasi? dia hanya melihat apel yang jatuh dari pohonnya, lalu memahami kenapa itu bisa terjadi. amazing

Selanjutnya adalah, Meniru dan mengembangkan ide orang lain. jangan terkejut, gue kasih fakta. Thomas Alva Edison pernah mengakui bahwa dirinya bukanlah penemu hebat walau sudah memegang ribuan hak paten. dari ribuan penemuannya, hanya satu yang benar-benar mutlak dari idenya, gue juga lupa sih penemuan apa itu. ya pokoknya faktanya begitu. kalian bisa searching di google. ini merupakan contoh sempurna dari kekuatan meniru dan mengembangkan ide-ide orang lain. 

Jujur, gue juga masih sering meniru ide-ide orang lain. dalam aspek apapun itu, termasuk postingan-postingan yang ada di blog ini. Meniru jika dilakukan secara benar bisa sangat bermanfaat karena bisa menolong kita mendapatkan ide-ide baru. Namun sekarang, meniru dianggap sebagai hal yang negatif. menurut gue, meniru dalam arti mengadopsi ide-ide orang lain dengan penerapan yang berbeda adalah hal yang sah. 

Terakhir dan yang paling penting adalah, Catat Setiap ide baru yang muncul di pikiran anda. pepatah china mengatakan bahwa tinta yang paling pudar pun masih lebih tajam daripada ingatan yang paling tajam. Mungkin, manusia memang dirancang untuk menjadi pelupa. apalagi untuk kaum adam. untuk itu, buatlah catatan untuk ide-ide baru yang pernah muncul di pikiran kita. mungkin ide itu kelihatan lucu, mustahil, janggal. tapi percayalah, suatu saat itu akan berguna saat kita perlukan. 

Saatnya untuk mewujudkan ide-ide yang udah kita dapatkan tadi. gimana caranya ju? 

 Setiap Ide baru mempunyai nilai, karena itu jangan memandang remeh setiap ide yang kalian dapatkan. Ide yang paling sederhana pun bisa mendatangkan manfaat yang besar jika di tangani dengan tepat. Ide bisa menjadi kekayaan yang tak ternilai. akan tetapi, ide yang paling bagus pun akan menjadi sia-sia jika tidak ada upaya untuk mewujudkannya. jadi setelah kita mendapatkan banyak ide baru, pilih lah satu atau dua ide yang menurut kalian memungkinkan untuk diwujudkan. I

Ide dan Action adalah dua hal yang harus dilakukan bersamaan ika menginginkan hasil yang luar biasa. aritnya ide tanpa tindakan akan sia-sia, sedangkan Action tanpa ide baru hanya memberikan hasil yang biasa-biasa saja. jadi intinya, untuk mewujudkan ide diperlukan action. 

Sekian postingan dari gue. postingan ini terinspirasi dari buku "7 hal gratis yang menentukan kesuksesan anda" karya peng khen sun. Bab Ide adalah satu bab dari tujuh bab lainnya. dan ke-enam postingan kedepan gue akan membahas enam bab lainnya. tungguin yaaa.

You Might Also Like

1 komentar

  1. Ya, kreativitas bakal datang ketika kita berani keluar dari status quo, berani mengambil tindakan untuk keluar dari zona nyaman.

    BalasHapus

Flickr Images