Pentingnya Sebuah Cita-Cita

Postingan ini akan berkaitan dengan dua postingan sebelumnya. yaitu mengenai Kesempatan dan Ide. maka, gue anjurkan buat kalian untuk mem...


Postingan ini akan berkaitan dengan dua postingan sebelumnya. yaitu mengenai Kesempatan dan Ide. maka, gue anjurkan buat kalian untuk membaca postingan itu terlebih dahulu. baca postingan tentang Kesempatan DI SINI. dan postingan Ide DI SINI. oke, kita mulai postingan ini. enjoy.

Cita-Cita enentukan arah dan tindakan kita. Tanpa memiliki cita cita kita hanya berputar-putar tanpa harus kemana. sekalipun kita mempunyai Ide dan kesempatan yang besar. Masa depan pasti akan mengjhapiri setiap orang cepat atau lambat, tapi kita nggak bolek membiarkan masa depan terjadi begitu aja. milikilah cita-cita selagig kita masih ada kesempatan.

Emang Cita-Cita itu penting banget ya ju? 

 Cita-Cita sangat berperan penting bagi suatu kesuksesan. Kenapa? karena cita-cita mencakup tujuan, sasaran, atau impian yang hendak diwujudkan. Cita-cita membuat orang mengerahkan potensi dirinya secara maksimal. Tidak ada kesuksesan yang kebetulan bisa diraih, setiap kesuksesan biarpun kecil, selalu didahului adanya cita-cita. Orang-orang yang sukses dalam bidang apapun adalah orang-orang yang mempunyai cita-cita, rencana yang baik, dan semangat tinggi untuk menggapai cita-citanya. Mengenai Rencana akan gue bahas di postingan selanjutnya. Berikut adalah pentingnya sebuah cita-cita. 

1. Cita-Cita Memberi Kita Harapan 
Konon, orang hanya bisa bertahan kurang dari satu menit hidup tanpa harapan. Orang akan segera mengakhiri hidupnya ketika ia yakin bahwa hidupnya saa sekali tidak ada harapan lagi. Dengan memiliki cita-cita, berarti kita memiliki suatu harapan. Ini sangat penting. Karena itu, kita harus memiliki cita-cita agar mempunyai harapan dalam hidup. 

2. Cita-Cita Membuat Kita Peka Terhadap Arah
Tanpa adanya cita-cita, ktia nggak tau kemana harus melangkah. Mengetahui arah sangat penting karena setuao arag yang berbeda akan mendatangkan hasil akhir yang berbeda pula. Arah bisa kita artikan sebagai tindakan-tindakan yang kita lakukan sesuai cita-cita yang kita impikan. Apakah arah kita sudah sesuai cita-cita kita? 

3. Cita-Cita Memberi Kita Semangat
Setiap cita-cita yang ingin kita capai pastilah sangat berharga bagi kita. Nah, setiap orang akan sangat bersemangat jika bisa meraih sesuatu yang bernilai baginya. Karena itu, dengan memiliki cita-cita, orang akan menjadi lebih semangat. Dalam bidang apa pun, cita-cita akan memberikan seangat yang menyala-nyala kepada pemiliknya. Inilah yang menuebabkan orang yang memiliki cita-cita biasanya juga sekaligus memiliki semangat yang tinggi untuk mencapainya. 

4. Cita-Cita Membuat Kita Fokus
Cita-cita memberi kita fokus pada apa yang harus kita lakukan. Jika kita sudah mengetahui apa ang menjadi fokus kita, maka kita pun bisa memprorioritaskannya serta berkomitmen untuk melaksanakannya. Cita-cita juga menolong kita untuk menyeleksi mana kebiasaan yang perlu disingkirkan dan mana kebiasaan yang perlu dipertahankan. 

Gimana dengan lo ju? apa cita-cita lo? 

Dari kecil gue udah jadi orang yang labil, gue orang yang mudah terpengaruh oleh orang lain. jadi, waktu kecil gue punya segudang cita-cita, termasuk pengen jadi pesulap, pengen gabung power rangers, sampai ke pengen jadi naruto. jadi saat orang cerita tentang dokter, gue pengen jadi dokter. dan begitu seterusnya, gue orang yang labil. dan kelabilan gue dimasa kecil terbawa sampai sekarang. 

sekarang, gue masih orang yang gampang terpengaruh. tapi bedanya, gue nggak sekonyol di masa kecil yang pengen ngalahin power rangers. hal-hal yang sudah berhasil mempengaruhi gue adalah, menulis buku karena melihat raditya dika, pengen jadi dekektif karena baca buku-bukunya sherlock holmes. dan keanehan-keanehan lainnya. 

Dan yang bener-bener gue cita-citakan saat ini adalah pengen jadi insinyur, itu juga setelah mendengar cerita dari bokap tentang macam-macam pekerjaan yang menurut dia bisa gue dalami. tetep aja kan? cita-cita itu nggak datang dari hati nurani gue. jujur, gue orang yang memiliki kreatifitas yang rendah, belum ada satu item yang berhasil gue ciptakan secara murni. segala sesuatu yang gue lakukan masih menyempurnakan ide orang lain. ya gitu deh. udah ah. 

Terus gimana dengan kalian? Apa Cita-Cita kalian dalam tempo yang dekat ataupun yang lama? share dong, mana tau cita-cita kalian juga bisa mempengaruhi gue.

You Might Also Like

2 komentar

  1. Kalau saya dari kecil sudah berwirausaha, jualan kelereng dan jual buah markisa waktu SD, Dulu Zaman sekolah Mts dan SMK masih suka malu-malu, saya belum begitu paham apa itu cita-cita, Saat ini saya sudah mengalami berbagai kegagalan dalam dunia kerja, sempat hampir putus harapan karena tahun 2015 Tidak meneruskan kuliah, karena hrus reposisi kerja saat itu. memang betul ya kata pepatah" Dimana Ada kemauan di situ ada Jalan." walaupun terlambat masuk kuliah, sekarang saya lebih semangat lagi. Terimakasih infonya

    BalasHapus
  2. Dari kecil aku bercita2 jadi tentara.setelah aku membaca buku tentang KECERDASAN MANUSIA. aku tergolong "intrapersonal smart"
    Semenjak kenal bahasa jepang.aku menginginkan agar bisa pergi kesana dan mengadopsi ILMU PERTANIAN.hanya saja skrg aku seorang OB.dan aku kembali bertanya apakah mimpi itu benar2 ada..??

    BalasHapus

Flickr Images