Tips Begadang

Gue akan memulai tulisan gue dengan berkata bahwa 'Begadang Tidak Sama Dengan Insomnia' . paham? ya mungkin dari kalian banyak yang...

Gue akan memulai tulisan gue dengan berkata bahwa 'Begadang Tidak Sama Dengan Insomnia'. paham? ya mungkin dari kalian banyak yang udah tau, tapi gue liat di jejaring sosial terutama facebook, masih ada aja orang yang salah menempatkan kata pada kalimat. contoh : "nanti malam ada bola nih, insomnia ahh bareng temen-temen". apa coba? insomnia itu penyakit, lah elu mau kena penyakit? ngajakin teman-teman pula? heran.


yaudah yang ingin tau lebih lanjut tentang insomnia bisa baca disini. gue nggak akan bahas banyak tentang insomnia, karena udah pernah gue jelasin di post sebelumnya. kali ini kita bakal bahas tentang tips begadang. nahh, bagi kalian yang maniak nonton bola atau pengen nemenin pacarnya nonton bola pasti pernah kesel karena ketiduran? niatnya begadang tapi malah ketiduran? tenang, gue akan kasih tipsnya disini. langsung saja yaa. 

1. Tidur Siang 
bagi kalian yang pengen begadang hanya sebatas jam 1 malam bisa gunakan trik ini. sudah jelas kan? ketika kita tidur siang, kita telah mengistirahatkan tubuh kita. rasa capek pun akan hilang dan otomatis ketika malam kita terhindar dari yang namanya ketiduran. tapi jangan keterusan juga sih tidurnya, ntar niatnya tidur siang malah kebangun besok paginya. parah. 

2. Minum Kopi 
Tau kan kalo kopi itu menyebabkan kita nggak ngantuk? iya jadi kalian bisa minum kopi kalau mau begadang. tapi jangan kalap juga sih minum kopinya sampe satu galon. ntar malah tiga hari ngga bisa tidur. tapi gue saranin jangan terlalu banyak juga deh minum kopinya, gabaik soalnya. kenal alm. mbah surip nggak? penyanyi 'tak gendong'? konon kabarnya dia meninggal karena kebanyakan minum kopi. tuh kan, bahaya. jadi minum kopi secukupnya aja. 

3. Lakukan Hal Yang Menyenangkan 
Kadang, rasa kantuk itu datang karena adanya rasa kebosanan. contohnya? pernahkan kalian tahan main game sampe tengah malam? sedangkan untuk baca buku hanya tahan satu atau dua jam?. membaca buku yang monoton akan menyebabkan rasa bosan yang berakhir pada rasa ngantuk. sedangkan main game adalah perbuatan yang seru, kegiatan yang memancing adrenaline, membuat penasaran. akhirnya kita tidak bosan untuk melakukannya berulang-ulang. paham kan? 

jadi kalian bisa melakukan hal yang menyenangkan dalam bentuk apapun. main game? main alat musik? eh tapi jangan terlalu keras, tetangga bisa bangun. atau telponan sama pacar? apa aja deh yang menyenangkan, gue yakin kalian bakal tahan begadang. 

4.  Mandi 
Belum gue coba sih, nggak berani juga. gila aja kalo harus mandi jam 10an? tapi gue yakin tips ini 100% working. ketika anda mandi, otomatis kalian akan kembali segar? dan hilang dari rasa kantuk yang menyelimuti kalian. tapi ingat yaa, di kamar mandi cuma mandi, jangan lakuin hal lain. "hal lain seperti apa ju?" entah lah. 

5. Cari Teman 
Ini sih sebenernya masuk di point 'Lakukan Hal Yang Menyenangkan' tapi ya gapapalah. ya seperti yang gue katakan sebelumnya, kita merasa ngantuk karena adanya kebosanan. maka dari itu, coba cari teman yang bisa membuat anda tidak bosan. nggak harus teman sih, pacar, gebetan, mantan, atau siapa aja yang bisa buat kalian nggak ngantuk lagi. 

gimana tipsnya? cukup kan? satu hal yang perlu kita tau. bagaimanapun juga, begadang adalah hal yang tidak baik untuk kesehatan kita. Tuhan juga sudah menciptakan malam untuk umatnya beristirahat. tapi kalau sekali-sekali ya nggak papa lah. okesiip, sampai ketemu di postingan berikutnya. dahhh.

You Might Also Like

2 komentar

  1. mantab..
    tips begadang bgt ini, hehehe
    salam kenal, sukses ya :)
    jangan lupa kunjungi juga blog saya. >> http://goo.gl/C4mnMP <<
    terimakasih

    BalasHapus
  2. bergadang itu adalah ketika kita memangkas waktu istirahat malam yang semula 7-9 jam hanya menjadi 3-4 jam saja. Dengan cara ini, niscaya akan bertahan bergadang selama kurang-lebih 3 hari berturut-turut. Kalau tidak tidur sama sekali, besok harinya pasti badan drop dan makin ngantuk.

    BalasHapus

Flickr Images