Apasih Insomnia?

Insomnia? Siapa sih yang nggak pernah dengar kata ini? Tapi yang akan gue bahas disini bukan siapa penemu insomnia, apa nama latin insomnia...

Insomnia? Siapa sih yang nggak pernah dengar kata ini? Tapi yang akan gue bahas disini bukan siapa penemu insomnia, apa nama latin insomnia atau berapa huruf i dalam kata 'insomnia'. Melainkan yang akan gue bahas disini adalah, penyalahgunaan kata insomnia oleh remaja-remaja di twitter, facebook maupun bbm. Oke, nih gue bahas dari awal.

Insomnia apaan sih? Insomnia adalah keadaan dimana seseorang dimana tidak bisa tidur dalam waktu yang cukup. Keluhan dari penderita imsonia adalah mreka tidak dapat memejamkan mata atau mengistirahatkan pikirannya walaupun hanya untuk sejenak. Ada banyak alasan seseorang menderita imsonia mulai dari kegelisahan hingga ke bipolar disorder. Jadi, penyebab insomnia tidak lain dan tidak bukan adalah karena kegelisahan akan sesuatu masalah atau setres.

Nahh, jadi remaja-remaja sekarang hanya menganggap insomnia hanya sebatas kasus 'susah tidur'. Gimana kita bisa tidur tepat waktu saat malam jika saat siang kita tidak melakukan hal apapun. Atau hanya tidur. Jadi, insomnia yang di derita para remaja-remaja di sosial media bukanlah sebuah penyakit. Melainkan hanya karena nggak bisa mengatur waktu. 

Trus gimana mengatasi insomnia? 

Bagi kalian yang mengeluhkan insomnia dan yang nggak kepengen insomnia. Cobalah lakukan kegiatan pada siang hari. dengan begitu, seluruh organ tubuh kita akan merasa lelah dan akan memerlukan waktu istirahat lebin awal pada malam hari.

Ada nggak gunanya insomnia? Tentu ada. Contohnya buat kalian kalian yang menjalani hubungan jarak jauh atau bahasa gaulnya LDR. Kalau kita insomnia tentu tidur larut malam. Betul?. Waktu tengah malam adalah waktu paling efektif untuk mesra-mesraan dengan pacar lewat telpon. Tapi masalah serius yang di hadapi adalah ketika salah satu dari mereka udah kehilangan fokus. Contoh nih di dlm percakapan lewat telpon : 'sayang, kamu lagi ngapain?' 'Hhooaamm, iya rambut aku kutuan nih'. Atau bisa dua duanya salah fokus. 'Sayang, kamu tau santet?' 'HAHAHA, kamu tuh yang kentut' 'ih? Lo ngatain gue bantet?' 'Lo tuh yang kampret' tuttt....tuutt..tuuttt. jadi kaya bolot sama mali kan?

Selanjutnya, yang gawatnya lagi, ada remaja labil yang nyamain antara 'begadang' dan 'insomnia'. Jadi, dulu waktu jaman-jamannya euro gue keluyuran di beranda facebook. Gue nemu status yang janggal. Isinya gini 'ntar malem ada bola, pengen insomnia ahhh bareng temen-temen'. Dia nggak bisa bayangin antara begadang dan insomnia. Alhasil, status dia tadi nggak ada yang like. Termasuk gue. Disaat semua orang mengeluhkan insomnia dia malah pengen insomnia. Ngajakin temen-temen pula. Heran.

Nah, itulah artikel singkat tentang insomnia. Jadi, gue berharap nggak ada lagi abg yang buat status kaya di atas. Atau di antara lo udh ada yang pernah buat? Maka bertaubatlah.

You Might Also Like

1 komentar

  1. nice info, kalo dari yg saya baca dari udoctor.co.id , Konsumsilah makanan yang mengandung potasium dan magnesium tinggi seperti pisang dan kacang almond. Buah pisang mempunyai kandungan triptofan yang bisa membuat anda lebih cepat tidur dan tidur nyenyak karena hormon otak anda lebih tenang. http://udoctor.co.id/gaya-hidup-sehat/insomnia-dan-solusinya-read-321.html?page=2

    BalasHapus

Flickr Images