Haruskah UN Dihapuskan?

Tanggal 14 april 2014 seluruh siswa siswi SMA kelas di seluruh indonesia sedang bertempur menghadapi soal-soal yang akan menentukan kesuks...

Tanggal 14 april 2014 seluruh siswa siswi SMA kelas di seluruh indonesia sedang bertempur menghadapi soal-soal yang akan menentukan kesuksesan mereka di masa depan. (re:Ujian Nasional). Kerja keras mereka selama tiga tahun sekolah akan ditentukan dalam tiga hari ujian. hidup ini memang berat.

Menurut mentri pendidikan M.nuh dan orang-orang lain. Ujian Nasional bertujuan untuk melihat potensi murid di indonesia. agar mereka yakin bahwa pelajar di indonesia mempunyai standar yang merata. 

Ujian Nasional juga menjadi bentuk kepercayaan untuk para dosen di universitas negri. melalui ujian nasional, mereka akan yakin atas kualitas mahasiswanya kelak ketika sudah masuk di Universitas Negri. 

Oke, kedua pendapat diatas memang benar. tapi menurut gue, Ujian Nasional itu kurang efektif dilakukan kalau hanya untuk mengetahui atau meyakinkan standar murid di indonesia. Lihat jepang, amerika, dan negara maju lainnya. mereka nggak ada yang namanya sistem ujian nasional, tapi kenapa pelajar disana bisa dibilang lebih pintar dari kita?
 

Yang kedua, untuk masalah syarat masuk ke Perguruan Tinggi Negri atau PTN. ini juga kurang efektif. menurut gue, karena adanya peraturan yang ditetapkan seperti ini, akan menjadi beban untuk para siswa. dan para siswa akan melakukan apa saja agar nantinya masuk ke PTN yang mereka inginkan. kita lihat, sudah banyak yang berlaku curang pada UN setiap tahunnya. Terdapat banyak Kunci jawaban yang tersebar ketika ujian nasional. apa gunanya UN? 

Terdapat beribu-ribu sekolah di indonesia yang tidak seluruhnya mempunyai kualitas yang sama. benar?. tetapi di fakta yang lain, Pemerintah tidak membuat perbedaan kualitas ujian nasional di setiap sekolah. gimana kabar ujian nasional di daerah terpencil yang fasilitas terbatas, gurunya sedikit, dan mungkin dengan kurikulum yang berbeda. sungguh tidak adil bukan? 

Gue punya banyak teman yang sekarang sedang menjalani ujian nasional, dan gue liat keluhan-keluhan mereka di twitter atau di sosial media lainnya. bayangkan, segala usaha mereka lakukan hanya untuk tiga hari. Belajar di sekolah, Bimbel, les privat lagi. Begitu banyak biaya yang mereka keluarkan. memang menuntut ilmu itu penting. namun ini sudah dalam konteks 'pemaksaan'. dan belajar juga tidak baik kalau di paksa. 

Setelah semua kerja keras yang mereka lakukan untuk UN. dan ternyata mereka tidak lulus? jika itu kalian, apa yang akan kalian rasakan? dan apa yang akan kalian lakukan? depresi? nangis? dan kemungkinan yang paling banyak terjadi : putus sekolah. 

Faktanya, Ujian Nasional juga menghabiskan anggaran negara. Rp.545.000.000.000 yang dikeluarkan hanya untuk ujian nasional. tahun kemarin malah sampe 600 milyar. coba bayangkan jika uang itu digunakan untuk di subsidi ke rakyat kecil. setidaknya bisa mengurangi tingkat kemiskinan negara kita. atau di simpan untuk membayar hutang indonesia yang sampai oktober 2013 mencapai 3.204 Triliun. Ironis? 

Apalagi, semenjak tahun lalu Pemerintah membuat Ujian Nasional ini semakin berlebihan dengan membuat 20 paket soal. jadi setiap murid mendapatkan paket yang berbeda. Katanya, upaya ini dilakukan untuk menghindari kecurangan saat ujian nasional. tapi tahun lalu, gue melihat masih ada juga kecurangan. ingat, pencuri lebih pintar dari polisi. 

Oke, Intinya, setiap hal mempunyai positif dan negatifnya. dan menurut gue, UN lebih banyak kekurangannya dari pada kelebihannya. bahkan gue belum menemukan apa kelebihannya. tapi gue yakin, pasti ada kelebihannya, walaupun akan lebih sedikit dibanding kekurangannya. 

Solusi dari gue? hapuskan ujian nasional. dan buat ujian untuk masuk ke PTN. clear?

Ini hanya Opini gue, anda punya opini yang berbeda? mari kita diskusikan di kolom komentar. terima kasih.
 

You Might Also Like

2 komentar

  1. over all gue setuju, UN memang gak terbukti efektif malah lebih banyak pemborosan. Andai mereka lebih bijak, biaya UN dialihkan buat perbaikan fasilitas pendidikan ..

    BalasHapus

Flickr Images