Alasan Mencintai

Tulisan kali ini berawal dari kegelisahan sebuah kalimat “Sayang nggak butuh alasan”. Pernah nggak sih kalian dengar kalimat itu?. ...

Hasil gambar untuk reason of love



Tulisan kali ini berawal dari kegelisahan sebuah kalimat “Sayang nggak butuh alasan”. Pernah nggak sih kalian dengar kalimat itu?. Kalimat itu pernah jadi tema di salah satu film Cinta Brontosaurus-nya Raditya Dika. 

Jelas aku nggak setuju dengan kalimat ini. Coba deh fikir gimana makna dari “Sayang nggak butuh alasan”. Oke mungkin gini, kita bisa sayang ke siapa aja tanpa alasan tertentu gitu? Oke kalau itu sih bisa diterima. Tapi kalau untung hubungan spesial, misalnya pacaran, tunangan atau bahkan suami-istri, sayang itu ya butuh alasan lah. 

Kebayang nggak sih kalau kalimat “sayang nggak butuh alasan” itu sampai ke setiap orang? Mungkin di jalan ntar kita banyak menemukan kalimat tersebut terlontar dari siapa dan diucapkan ke ntah siapa. Kalau nggak ngerti, contohnya nih yaa ada cowok yang jomblo akut lagi beli gorengan ke mbak-mbak, “mbak, beli gorengannya 5rb” oh bentar yaa,.....nih” “makasih mbak, oia, aku sayang sama mbak” “hah? Sayang kenapa?” “ya gatau, sayang aja”. Serem nggak sih? Coba dia jawab “ya sayang,  karena gorengan yang mbak buat dengan penuh cinta ini telah masuk ke dalam tubuh ku dan menyatu dengan darahku”. Nah, gitu baru logis. 

Dan satu lagi, sayang itu juga butuh proses. Nggak ada namanya orang tiba-tiba langsung sayang, nggak ada juga tuh namanya “Cinta pada pandangan pertama”, kalau menurut aku sih itu namanya kagum, bukan cinta atau sayang. 
Nah, menurutku ada beberapa alasan orang bisa sayang. Apa aja? Nih: 

1. Fisik
Ini emang yang paling klasik sih. Jaman sekarang tuh, tolak ukur perasaan orang itu hanya ganteng atau cantik, putih atau hitam, kurus atau gemuk. Itulah kenapa ada cinta pada pandangan pertama. Padahal ini bukan sayang yang sebenernya. Ketahuilah, dia nggak bener-bener sayang/cinta sama kamu kalau dia hanya melihat kecantikan atau ketampananmu. Ya kalaupun cinta, itu hanya sesaat. Ntar kalau kamu tumbuh jerawat besar di jidat, kamu tiba-tiba naik berat badan, atau kamu menua, kamu bisa aja ditinggalin dengan alasan kamu udah nggak sesempurna yang dia inginkan. 

2. Sikap
Nah, ini yang paling bener nih, emang alasan cinta itu harus berdasarkan sikap atau kepribadian, ntah dia perhatian, baik, romantis, suka menolong, baik hati. Dan ini bersifat selamanya sampai tua bahkan sampai mati, ya kalau tiba-tiba dia nggak terjerumus ke hal-hal yang negatif aja sih yaa. 
Jadi kamu yang tidak memiliki wajah secantik artis korea, tenang saja, kamu akan lebih mudah mendapatkan cinta sejati, oleh orang yang menjadikan sikap sebagai tolak ukur menjadi pasangannya. 

3. Kecerdasan
Biasanya, wanita  karir akan mencari pasangan yang mempunyai kecerdasan diatasnya. Maka dari itu nggak jarang kita lihat sekarang banyak pasangan yang dulunya adalah rekan kerja antara sekertaris dan bos misalnya. Yang kaya gini nih biasanya kalau udah nikah, anaknya yang kasihan karena ntar ditinggal kerja mulu, kurang kasih sayang jadinya. Liat aja noh yang sering di TV. 

4. Harta
Kecenderungan ini dimiliki oleh wanita yang melihat pria, biasa disebut ‘matre’. Ini sudah jelas-jelas salah. Dan biasanya sifat matre yang dimiliki oleh beberapa cewe ini sering dimanfaatkan oleh cowo yang punya harta, ya kejadiannya kaya yang sering kita lihat sekarang ini, zina. Cewenya butuh uang, cowonya butuh kepuasan. 
Makanya untuk kamu para kaum hawa, jangan pernah mencintai cowo karena hartanya, apalagi kalau kamu cantik, ya bisa aja dia nerima kamu juga cuma karena kamu cantik. Ntar bisa aja dia nemu cewe yang lebih cantik dan ninggalin kamu tiba-tiba. 

Intinya sih bebas-bebas aja dengan alasan kamu mencintai seseorang, tapi yang paling ideal emang kita menyukai, menyayangi atau mencintai seseorang itu karena kepribadiannya, karena kita nyaman sama dia. Bukan karena fisiknya, apalagi hartanya. 

kalau kalian, mencintai dia karena apa? 

You Might Also Like

2 komentar

  1. Gue setuju, cinta pd pandangan pertama itu bullshit, ahaha
    Salam kenal broo,,
    Xapinos.blogspot.com

    BalasHapus

Flickr Images