Pentingnya Hobi

Siapapun kalian, berapapun usia kalian, apapun jabatan kalian, pasti kalian semua mempunyai hobi. benar? tapi apakah kita menyadari te...



Siapapun kalian, berapapun usia kalian, apapun jabatan kalian, pasti kalian semua mempunyai hobi. benar? tapi apakah kita menyadari tentang pentingnya hobi itu? atau manfaat apa yang akan kita dapat dari hobi itu? mungkin dari kita ada yang tau. mungkin juga enggak. untuk yang nggak tau, mungkin selama ini mengerjakan hobi karena keasikan semata. 

Dengan segala kesibukan atau rutinitas yang kita kerjakan setiap hari dan waktu refreshing yang terbatas, hobi adalah alternatif yang tepat untuk membebaskan beban yang kita rasakan. tentu saja tips ini berlaku untuk mereka yang memiliki hobi simple dan tidak ribet. seperti membaca, menulis, atau menonton. 

Hobi juga nggak perlu mahal, seperti berkuda, travelling, atau mengendarai mobil sport. biar simple asal bisa membuat kita senang dan menikmati hobi tersebut. tapi gue udah bisa nebak sih apa hobi dari kalian yang ngebaca postingan ini. Menulis atau membaca kan? hobi yang paling mainstream, 

oke, langsung saja menuju topik. tentang apa-apa saja Nilai positif yang bisa kita petik dari hobi? 


1. Menghilangkan Setres
Setres itu salah satu dari sifat manusia. setres datang ketika kita mengerjakan hal-hal yang kita anggap rumit dan sulit untuk diselesaikan. kalau udah setres, biasanya kita konsen lagi dengan pekerjaan kita. oleh karena itu, mengerjakan hobi bisa menghilangkan setres kita. dan kita bisa melanjutkan aktifitas kita kembali. 

namun pertanyaan gue adalah, "gimana dengan orang-orang yang hobinya main rubik?" kayanya bukan menghilangkan setres tapi malah menambah setres. atau mereka bisa menikmati bermain rubik dengan cara mereka sendiri? gimana? main rubik sambil senyum atau ketawa gitu? aneh. 






2. Mendapatkan Teman Baru 
Hobi bisa membuat kita mendapatkan teman baru yang memiliki kesamaan dalam segi hobi. sungguh mengasikkan. Jarang kita mendapat teman yang memiliki hobi bersamaan. paling mainstream sih cowo-cowo yang suka main sepak bola, atau cewe-cewe yang suka shoping, atau menggosip. eh, menggosip hobi bukan sih? 

caranya mendapatkan teman baru dalam hobi? masuk ke organisasi hobi kalian, sekolah sepak bola misalnya. atau ikuti kompetisi. banyak jalan menuju roma, kalian tinggal pilih mana jalan yang terbaik. 


3. Membuat Sehat 
Ini yang paling penting. Hobi membuat kita menjaga kesehatan kita. kayanya semua hobi. apalagi untuk kita yang mempunyai hobi olahraga. sungguh sangat berguna dalam kesehatan. karena kesehatan itu tak ternilai harganya. 

ada juga kasus dimana kita tambah sakit karena hobi. apa itu? cidera. tapi itu beda kasusnya. itu bisa dibilang sebagai resiko dari hobi. karena segala sesuatu yang kita kerjakan itu memiliki resiko masing-masing. termasuk ngupil. hayoo gimana kalau kita ngupil dengan jari yang ada bakterinya, trus bakteri itu nempel di hidung. atau kita ngupil dengan jari kukunya belum dipotong, pas ngupil hidungnya luka, infeksi. bahaya. 


4. Menghasilkan Uang 
Beberapa hari yang lalu, gue dan teman-teman di kelas baru dapat motivasi dari guru olahraga tentang pentingnya senam. "Tidak hanya bisa membuat kita sehat, Senam juga bisa menghasilkan uang" kata guru gue itu. dia menjelaskan ada temannya yang menjadi instruktur senam di salah satu perusahaan. itulah salah satu keuntungan memiliki hobi. tapi kita perlu usaha yang lebih jika mau menghasilkan uang dari hobi. 


5. Mengisi Waktu 
Ada kalanya ketika kita mempunyai waktu luang, tapi nggak tau harus ngapain. saat libur panjang misalnya, banyak orang hanya menghabiskan libur mereka dengan nonton tv, makan, tidur, online. dengan memiliki hobi, kita bisa mengisi waktu liburan itu dengan hal-hal yang lebih bermanfaat. 

Nah, itu tadi beberapa nilai-nilai positif yang bisa kita dapatkan jika memiliki hobi. tidak cukup hanya memiliki, tapi juga mengerjakan hobi. karena percuma kalau kita memiliki hobi tapi nggak pernah mengerjakannya, sama dengan bohong. itu mah bukan hobi,. cume keinginan. 

Trus, hobi lo apa dong ju? 

Hobi gue? oke ini gue share, mungkin juga dari kalian ada yang memiliki hobi yang sama dengan gue, atau ada yang terinspirasi dan mau mengikuti hobi gue. 


1. Menulis
Menulis dalam arti mengetik. bukan menulis dengan tangan. hehe. Hobi ini gue mulai dari awal masuk SMA pada tahun 2012. terinspirasi dari Raditya Dika yang memiliki novel best seller. gue pun mulai rutin menulis. gue mulai menulis tentang pengalaman-pengalaman gue saat kecil yang coba gue ingat. sampai akhirnya tulisan gue mencapai 300+ lembar yang gue kirim ke salah satu penerbit. dan naskah itu tidak mendapat respon. mungkin belum rezeki gue. 

Selanjutnya gue tidak melanjutkan untuk menulis buku lagi. dan timbul ide gue untuk membuat blog dan menulis di blog. dan inilah hasilnya. Tujuan gue menulis adalah agar mereka yang membaca tulisan gue bisa tertawa atau terinspirasi atau terhibur. dan tampaknya usaha gue itu berhasil, satu tahun gue menulis di blog, teman-teman di sekolah banyak yang bilang tulisan gue bagus, Alhamdulillah. 

Apa aja yang bisa kita dapat dari menulis ju? 

Menghilangkan setres? kadang iya, kadang gue malah tambah setres ketika nggak tau lagi apa yang mau ditulis. Mendapatkan teman baru? ya beberapa. yang paling terasa adalah, menulis membuat gue mengisi waktu luang gue. dan yang akan gue capai selanjutnya adalah, menulis bisa menghasilkan uang buat gue. semoga. Amin. 

2. Nonton Film 
Gue sering kali melepaskan penat dan setres lewat film. Film membuat gue melupakan sejenak masalah-masalah yang gue alami. Lewat film juga gue jadi membuat semakin banyak mimpi dalam benak gue. gue adalah salah satu orang yang mudah terpengaruh. termasuk lewat film. contoh kecilnya, beberapa waktu yang lalu, gue nonton film Brick Mansions. Ada actor yang melakukan parkur dalam film tersebut. keluar teather, gue jadi loncat-loncat ga jelas, pengen belajar parkur. 

Film-Film yang lo suka ju? 

Eh, ini kalian nggak ada yang salah sangka kan? film yang gue maksud itu bukan film-film sinetron, acara-acara musik, atau yang joget-joget itu. ya film-film box office atau hollywood. oke, yang gue suka? genre action. lebih lengkap kalau action comedy. Action comedy itu seperti film-filmnya Jacky Chan. pokoknya gue suka film yang ada berantem-berantemnya. satu lagi, yang temanya detective. 

Gue nggak suka dengan film horor. Menurut gue, nonton film horor itu sama aja menambah rasa takut kita. membuat mental kita semakin down. gini yaa, kita nggak akan pernah takut sama hantu (pocong, tuyul, kunti dll) kalau kita nggak pernah melihat bagaimana bentuk hantu tersebut. benarkan?. jadi, kasusnya seperti ini, ketika kita ke kamar mandi malam-malam misalnya, kalaupun kita takut, kita hanya terbayang sama hantu pocong, karena kita cuma tau bentuk pocong doang. nah, gimana dengan mereka yang udah pernah melihat segala macam bentuk hantu? maka mereka akan membayangkan segala bentuk hantu tersebut, conjuring lah, insidious lah, apapun itulah. 

Masih tentang Film Horor. gue pernah sekali nonton film horor, kebetulan karena mantan pacar gue suka horor. trus disebelah gue ada segerombolan kakak-kakak kuliah gitu. yang anehnya, ada beberapa dari mereka yang tutup muka ketika hantunya datang. lah ini gimana? nonton film horor tapi takut sama hantu? sama aja pacaran tapi takut sakit hati. 

Selain melampiaskan hobi gue itu di bioskop. terkadang gue juga membeli kaset DVD yang......bajakan untuk gue tonton. jangan ditiru yaaa. 

3. Membaca 
Jarang ada penulis yang nggak suka membaca. kalau mau jadi penulis yang sukses dan kaya ide memang harus mempunyai hobi membaca. Anehnya gue adalah, gue hanya membaca apa yang menurut gue menarik. Gue agak selektif di hobi ini. 

Emang buku apa yang menarik menurut elo ju? 

Novel ber-genre komedi. seperti novelnya raditya dika, benazio, alit, arif muhammad. itulah novel-novel yang sangat menginspirasi gue dalam menulis. satu lagi, gue suka novel-novelnya sherlock holmes. Novel-novel tentang detective. dan tak lupa pula serial manga detective conan. 

4. Main Musik
Musik adalah alternatif yang cocok untuk menghilangkan setres. Karena musik itu bersifat universal, semua bisa menikmati dan memainkan musik. Gue mulai tertarik dengan musik saat 2013. Pertama, gue tertarik dengan gitar, yang sampai saat ini sudah lumayan gue kuasai. lalu drum juga yang agak gue bisa. satu lagi..... rebana. 

Jenis musik atau Penyanyi favorite lo ju? 

Kalau jenis musik sih banyak yaa, semua gue suka. rock, pop, jazz. penyanyi juga banyak sih Jason Mraz, John Mayer, Beatles, Queen, Muse, banyak deh. kalau indo : Noah

5. Sepak Bola 

Hobi olahraga yang gue sukai adalah Sepak bola. kayanya sepak bola adalah hobi wajib yang harus dimiliki setiap cowok. biar kelihatan macho katanya. tapi faktanya, cewek-cewek lebih suka lihat cowok main basket dari pada main bola. 

Setiap yang menyukai sepak bola pasti mempunyai club favorite. Dan club favorite gue adalah : Barcelona. why? karena permainannya yang indah. yang biasa disebut tiki taka. gue udah suka barcelona dari jamannya ronaldinho sampai sekarang. 

GImana dengan hobi kalian? 

You Might Also Like

5 komentar

  1. hobby gue blogging, blogwalking gitu deh (masuk kategori hobby baca gak sih?)
    terus sekarang-sekarang ini gue lagi hobby cosplay, nah ini hobby mahal yg nguras kantong banget, tapi karna gue seneng jadi gimana ya.. haha ..

    BalasHapus
  2. Hobi gue baca, ngeblog, blogwalking. Asik aja gitu. Eh tapi gue blm bs blg kl menulis itu hobi gue, soalnya yagitu, masih mageran kdg .-.

    BalasHapus
  3. hobi guaa....... didepan komputer kali ya

    BalasHapus

Flickr Images